Potret Pesawat Pengawalan Kepresidenan Republik Indonesia milik TNI AU, Skadron Udara

Potret Pesawat Pengawalan Kepresidenan Republik Indonesia milik TNI AU, Skadron Udara

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres yang selalu siap sedia mengiringi mobil RI 1 kemana pun ia pergi. Pengawalan ketat ini dilakukan tentu untuk melindungi keselamatan orang nomor satu di Indonesia, beserta wakil presiden. 

Paspampres biasanya memang selalu menyita perhatian masyarakat ketika presiden dan wakil presiden melakukan perjalanan dalam rangka kunjungan kerja ke daerah. 

Dan tentu saja, di balik pengamanan super ketat tersebut, ada kontribusi dari TNI yang bertugas penuh mengamankan setiap jalur yang akan dilalui RI 1 dan RI 2. Tidak terkecuali ketika dua orang penting di Indonesia ini hendak melalui jalur udara.

# Pengawalan Pesawat Kepresidenan

Skadron Udara 17 (twitter.com)

TNI AU, sebagai tentara yang terlatih untuk medan udara bertanggung jawab atas pesawat pengawalan kepresidenan yang didukung oleh Skadron Udara 17 (Skadud 17/VIP) di bawah pelaksana operasional Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Tim pengawalan pesawat kepresidenan ini tidak selalu mengantar Presiden dan Wapres untuk perjalanan udara jarak jauh saja. Sebab kadang, untuk menyingkat waktu  dan terhindar dari macet, Presiden memilih menggunakan helikopter kepresidenan. Terutama ketika harus berkunjung ke daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). 

Helikopter kepresidenan adalah bagian dari Skadud 45/Setia Berbakti yang juga berada di bawah Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma. 

Pesawat kepresidenan Boeing 737-800 (Business Jet 2) dan helikopter Super Puma L-2 AS-332 selalu dalam keadaan siap sedia kapan saja dibutuhkan. Kondisi pesawat dan helikopternya pun dijamin 100% baik, tentu saja karena yang naik adalah orang nomor satu di RI.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"