Plus Minus Parkir Mobil Maju dan Mundur di Garasi Rumah

Plus Minus Parkir Mobil Maju dan Mundur di Garasi Rumah

Parkir mobil di garasi rumah memang ada dua jenis, yakni parkir maju dengan posisi bagian depan mobil menghadap dalam rumah, dan parkir mundur dengan posisi bagian depan mobil menghadap luar rumah. Para pemilik kendaraan biasanya dibebaskan untuk memiliki jenis parkir tersebut. Tapi masing-masing jenis parkir tersebut memiliki plus dan minusnya. Berikut penjelasannya.

Parkir Mundur

Parkir mundur memiliki kelebihannya. Menurut Jusri Palubuhu selaku founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan bahwa mobil dengan parkir mundur atau bagian depan menghadap ke pintu pagar bisa memudahkan pengemudi dalam mendapatkan area pandang yang lebih luas dan tidak terhalang apapun.

“Saat hendak keluar garasi kita akan memasuki area ruang terbuka yang memiliki potensi akan lalu lintas kendaraan atau orang, kalau keluar maju kemampuan visibilitas akan lebih luas dan jelas dibandingkan dengan keluar mundur,” kata Justri melansir dari Kumparan.

Plus Minus Parkir Mobil Maju dan Mundur di Garasi Rumah (Kompas Otomotif)

Parkir mundur juga memiliki kelebihan lain. Misalnya saat penghuni rumah sedang memiliki sesuatu yang darurat dan harus cepat mengeluarkan mobil, maka mobil menghadap keluar lebih cepat dibandingkan mobil dikeluarkan dengan cara mundur. 

Dua kelebihan itu memang bisa jadi rekomendasi, namun ada juga parkir mundur punya kelemahan atau kekurangan. Dari segi keamanan mobil yang menghadap keluar akan mudah dicuri oleh pencuri karena mobil sudah siap dalam posisi keluar rumah, berbeda dengan mobil yang parkir masuk ke dalam rumah.

Bagaimana dengan parkir maju? Parkir maju pun memiliki kelebihan. Dari segi keamanan mobil yang parkir maju menghadap bagian dalam rumah akan lebih aman karena membuat pencuri sulit dalam mengambil mobil, termasuk mengeluarkan mobil dalam keadaan mundur tentu juga lebih lama. Pencuri akan merasa repot bila harus memundurkan mobil yang dia curi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"