Perbedaan Butter dan Mentega Tuh Begini, Jangan Salah Lagi Ya!

Perbedaan Butter dan Mentega Tuh Begini, Jangan Salah Lagi Ya!

Sebenarnya, apa sih perbedaan butter dan mentega? Apa dua-duanya sama? Kalian yang doyan makan kue pasti tahu nih perbedaannya.

Eits, belum tentu. Kadang masih banyak orang yang sulit membedakannya. Padahal, selain butter dan mentega, ada juga margarin lho.

Kalau gitu simak deh ulasan tentang perbedaan butter dan mentega, juga margarin berikut ini. Kuy lah.

1. Butter

1. Butter Butter dan mentega sama aja (medicalnewstoday.com)

Perbedaan butter dan mentega,  hmm ... butter itu ya mentega gengs! Butter sebenarnya berasal dari krim susu atau lemak hewani.

Mentega atau butter ini adalah produk alami yang tidak mengandung trans-fatty atau asam lemak trans. Di dalam mentega terdapat sumber vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.

Butter/mentega lebih gurih, lebih wangi, lebih mahal ... (megapixl.com)

Butter juga mengandung padatan susu. Nah, itu tuh yang membuat warna butter jadi sedikit cerah, atau mungkin pucat. Dan soal harga, butter jelas dijual lebih mahal karena lebih wangi, sedap, dan gurih. Cocok banget buat bikin kue atau beberapa masakan.

2. Margarin

2. Margarin Ini margarin, susah ya bedainnya (nutrineat.com)

Jadi, emang nggak ada perbedaan butter dan mentega. Yang berbeda malah margarin gengs. Kalau margarin terbuat dari minyak atau lemak nabati. Margarin sendiri memiliki tekstur yang lebih padat dan kaku.

Margarin tuh stabil, nggak mudah meleleh. Warnanya juga cenderung lebih kuning daripada mentega/butter tadi.

Margarin buat masak juga oke sih (chicago.suntimes.com)

Meski aroma margarin nggak sewangi mentega/butter, margarin memiliki daya emulsi yang bagus. Daya emulasi ini memberikan cita rasa yang gurih dan mengurangi remah roti.

Kalau bikin kue pakai margarin, tekstur yang kita dapatkan lebih memuaskan deh pokoknya. Nggak kayak butter/mentega yang lebih banyak remah-remahnya.

Itulah perbedaan butter dan mentega ... juga margarin. Kalian perlu tau nih, biar nggak salah-salah lagi ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"