Perasaan Tiba-tiba Ingin Makan Makanan Tertentu

Perasaan Tiba-tiba Ingin Makan Makanan Tertentu

Mungkin paragengs pernah mengalami perasaan tiba-tiba sangat ingin makanan tertentu. Kalian terus terbayang-bayang menu makanan tersebut dan sangat ingin melahapnya. Padahal kalian mungkin masih sangat kenyang, kalian hanya ingin makan makanan tersebut. Apa ya penyebab perasaan ini bisa muncul? Tapi sebelumnya kita kudu mengenal apa itu rasa lapar.

Perasaan ingin makan (suryamalang.com)

Rasa lapar

Saat seseorang merasa lapar, tubuh mengirimkan sinyal pada otak. Sinyal ini menandakah kalau tubuh sedang membutuhkan tambahan asupan kalori. Tetapi tubuh tidak meminta rasa atau jenis makanan spesifik. Tubuh hanya minta kalori untuk kemudian diubah menjadi energi. Inilah yang bisa membuat manusia bertahan hidup.

Saat kita lapar, artinya perut dalam keadaan kosong. Kemudian, kadar gula darah pun menurun. Tubuh kita pun akan mengeluarkan hormon bernama ghrelin. Ghrelin adalah hormon lapar. Hormon ini bertugas memberi tahu otak kalau kita perlu makan.

Nafsu makan kita pun meningkat dan sistem pencernaan bersiap untuk mengolah makanan. Kemudian saat perut sudah penuh, hormon ghrelin berhenti bertugas. Di saat ini kita biasanya mengalami kondisi yang disebut dengan kenyang. Lalu apa bedanya dengan menginginkan makanan tertentu, ya?

Ingin makan makanan tertentu

Kita bisa saja, lo, ingin makan atau minum sesuatu saat sedang dalam kondisi kenyang setelah makan. Kadang-kadang, ini merupakan tanda kalau tubuh memerlukan nutrisi tertentu. Misalnya, kalau tubuh kekurangan kadar garam, kita akan ingin makan makanan yang asin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"