Penjelasan Ilmiah Kenapa Kita Mengeluarkan Air Mata Saat Tertawa Terbahak-Bahak

Penjelasan Ilmiah Kenapa Kita Mengeluarkan Air Mata Saat Tertawa Terbahak-Bahak

Ketika kumpul sama temen, biasanya kita bisa ngobrol seru sampai ketawa-ketawa ngakak. Gak sadar air mata ikut keluar. Padahal gak lagi sedih. Nah, kira-kira kenapa ya air mata keluar ketika kita tertawa terbahak-bahak?

Biar gak penasaran lagi, yuk baca penjelasan di bawah ini!

# Disebabkan Oleh Faktor Psikologi dan Neurologi

Ternyata ada dua sebab utama yang menyebabkan seseorang bisa mengeluarkan air mata ketika tertawa. Sebab yang pertama adalah faktor psikologi, dan yang kedua adalah neurologi.

1. Psikologi

Letak hipotalamus (ruangbiologi.co id)

Saat kamu menertawakan cerita konyol temanmu, bagian dari sistem limbikmu (area otak yang bertanggung jawab atas emosi) diaktifkan. Khususnya, hipotalamus, yang khususnya bertanggung jawab atas tawa yang tidak terkendali. 

Secara kebetulan, hipotalamus juga bertanggung jawab atas emosi lain, termasuk menangis. Sebagian alasan kita tertawa saat menangis – dan sebaliknya – adalah karena ukuran hipotalamus yang tipis. Ini sangat kecil, sehingga tertawa keras dapat memicu reaksi emosional lain di area hipotalamus, termasuk menangis.

Dari sudut pandang murni pengalaman, coba ini: pikirkan bagaimana rasanya selama puncak tawa. Sekarang lakukan hal yang sama, tetapi ganti 'tertawa' dengan 'menangis'. Keadaan emosionalnya mirip, kan? Keduanya pada dasarnya memiliki tujuan yang sama: menghilangkan stres. 

2. Neurologi

Sekarang mari kita lihat penjelasan dari sudut neurologi tentang tawa yang intens dan penuh air mata:



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"