Penelitian Terbaru Menyebut Organ Babi Bisa Ditransplantasikan ke Tubuh Manusia, Beneran Nih?

Penelitian Terbaru Menyebut Organ Babi Bisa Ditransplantasikan ke Tubuh Manusia, Beneran Nih?

Baru-baru ini, muncul sebuah kabar menghebohkan dari tim internasional yang dipimpin oleh para peneliti dari China. Kabar itu adalah kabar keberhasilan tim peneliti itu menggunakan teknologi penyuntingan gen untuk menghasilkan purwarupa "Babi 3.0".

Apa itu "Babi 3.0". Jadi, peneliti ini disebut sebagai kemajuan besar menuju transplantasi organ tubuh yang bisa menyelamatkan nyawa orang. Persisnya dari hewan yaitu babi, ke manusia.

Peneliti sedang mengembangkan Babi 3.0 (psmag.com)

Makalah terbaru yang dipublikasikan di Nature Biomedical Engineering menyebut bahwa peneliti dari China dan Amerika Serikat (AS) telah berhasil memproduksi organ babi yang lebih kompatibel dengan sistem kekebalan manusia. Hebatnya lagi, bebas dari retrovirus endogen babi (porcina endegenous retrovirus/PERV) aktif.

Seperti diketahui, terdapat kesenjangan besar antara jumlah orang yang membutuhkan transplatasi organ dengan jumlah organ yang tersedia di dunia. Hal ini diungkap oleh Yang Luhan, penulis penelitian sekaligus salah satu pendiri dan CEO Qihan Biotech.

Para peneliti sudah lama berharap bahwa tantangan ini bisa diadaptasi lewat transplatasi organ hewan. Ini adalah sebuah konsep yang dikenal sebagai xenotransplantasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"