Pandemi Global Disebut-sebut Muncul 100 Tahun Sekali, Berarti Virus Corona Juga Dong?

Pandemi Global Disebut-sebut Muncul 100 Tahun Sekali, Berarti Virus Corona Juga Dong?

Virus corona jadi perhatian dunia dalam beberapa bulan terakhir. Persebarannya semakin luas di dunia. Statusnya kini juga berubah menjadi 'pandemi'.

Di balik itu, sejarah pernah mencatat bahwa pandemi global ini merupakan wabah penyakit terbesar keempat dalam empat abad terakhir. Pertama kali wabah penyakit yang melanda dunia terjadi pada tahun 1720 dengan korban meninggal dunia terbesar sepanjang sejarah.

Dikutip dari Knowledgetime, pandemi global ini konon muncul setiap 100 tahun sekali. Parahnya lagi, pandemi global ini muncul di setiap tahun yang ada angka '20' di belakangnya. 

Berarti virus corona alias COVID-19 ini juga dong? Soalnya, ini kan tahun 2020 gengs, ada kaitannya? Kita simak deretan pandemi global yang katanya muncul 100 tahun sekali ini, di setiap tahun yang ada angka '20'-nya.

#1 Wabah Marseille

#1 Wabah Marseille Wabah marseille tahun 1720(wikipedia.org)

Tahun 1720 tercatat dalam sejarah sebagai tahun yang cukup buruk. Ada sebuah wabah yang muncul dalam skala masif, yaitu penyakit 'pes'. Wabah ini pertama kali dikenal dengan nama 'The Great Plague of Marseille' yang muncul di Marseille, Prancis.

Di tahun 1720 silam, wabah penyakit pes ini telah membunuh hingga 100 ribu orang. Berdasarkan keterangan, penyakit itu disebarkan oleh lalat yang terinfeksi virus penyakit pes. Wabah penyakit itu pun dibawa ke manusia.

Akan tetapi, wabah penyakit itu bisa pulih dengan cepat. Aktivitas perekonomian juga kembali dalam beberapa tahun. Perdagangan di negara-negara jajahan Eropa juga bisa kembali normal.

#2 Wabah kolera pertama

#2 Wabah kolera pertama Wabah kolera pertama di dunia tahun 1820 (americanhistory.si.edu)

Pandemi global selanjutnya yang muncul 100 tahun berikutnya adalah wabah kolera pertama di dunia. Beneran dong, wabah penyakit ini muncul 100 tahun kemudian, tepatnya tahun 1820 silam.

Persebaran penyakit ini adalah kawasan Asia Tenggara. Beberapa negara yang terdampak penyakit ini mulai dari Thailand, Filipina, dan Indonesia. Korbannya sekitar 100 ribuan orang yang meninggal dunia akibat kasus ini.

Pandemi global ini berawal dari kualitas air minum yang berasal dari sebuah danau. Danau itu telah terkontaminasi bakteri yang menyebabkan kepanikan global itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"