Orang yang Menangis Pas Nonton Film Tuh Lebih Kuat Secara Emosional

Orang yang Menangis Pas Nonton Film Tuh Lebih Kuat Secara Emosional

Orang yang menangis pas lagi nonton film tuh lebih kuat secara emosional. Kalian termasuk nggak?

Ada banyak banget judul film yang jalan ceritanya tuh bikin penontonnya jadi sedih. Mulai dari film barat sampe film timur, banyak banget yang bikin baper gimanaaa gitu.

Emang nggak sedikit yang berpikir kalo film-film sedih begitu tuh cuma cewek aja yang bakal baper dan menangis kemudian. Padahal ... cowok mah juga ada. Kalian tau film Korea macem "A Moment to Remember" kan? Siapa lagi yang gak dibikin baper sama film itu?

Kenapa sih pake nangis segala, kan cuman film (psychologytoday.com)

Sebenernya ya sah-sah aja untuk nangis pas lagi nonton film. Nggak cewek, nggak cowok, kalo emang pernah punya pengalaman yang ngena banget ke dirinya, bisa aja nangis seketika pas dapet adegan-adegan yang bikin tisu abis buat menyeka air mata.

Buat kalian yang belom tau nih, ternyata ... orang yang menangis saat nonton film tuh justru lebih kuat secara emosional. Jadi bukannya cengeng ya, apalagi lemah.

Hal itu juga pernah disampaikan oleh Paul J. Zak, seorang neuroeconomist dari Claremont Graduate University. Lewat sebuah penelitian, doi menjelaskan bahwa mereka yang menangis selama film berjalan tuh lebih empati.

Kalian yang nangis saat menonton, berarti ... (inovasee.com)

Menurut Paul, mereka tuh tau gimana menangani emosi mereka dengan lebih baik, dan mereka lebih kuat ketika menghadapi tantangan sehari-hari.

Nah, ada beberapa hal yang ditunjukkan dari orang-orang yang menangis saat mereka lagi nonton film. Sebab, hal itu bisa menunjukkan sisi emosional orang tersebut yang lebih kuat. Seperti dikutip dari Brightside.me, simak deh ulasannya.

1. Sadar kalo ceritanya fiksi, tapi ...

1. Sadar kalo ceritanya fiksi, tapi ... Ya tetep aja nangis (medium.com)

Menurut Zak, para penonton macem ini tuh tau bahwa film itu tuh nggak nyata. Cerita yang mereka simak tentu saja fiksi. Tapi itu terjadi secara kognitif, mereka akan menangis ketika mereka melihat adegan yang amat emosional.

2. Mereka nggak takut mengekspresikan emosi

2. Mereka nggak takut mengekspresikan emosi Mereka tuh ekspresif (indiatimes.com)

Orang-orang yang nggak malu untuk nangis selama nonton film tuh sebenernya lebih tangguh secara mental ketimbang mereka yang sok-sok nggak sedih atau nggak mau nangis. Ini terjadi karena mereka cukup berani untuk mengungakapkan perasaan mereka yang sebenarnya.

Menurut Paul, ini adalah efek dari oksitosin. Jadi dengan berempati, manusia jadi nggak takut untuk membela apa yang mereka anggap benar.

3. Air mata tuh punya kekuatan dahsyat loh

3. Air mata tuh punya kekuatan dahsyat loh Kekuatan air mata tuh dahsyat loh (comicbook.com)

Paul pun menemukan bahwa mereka yang menangis saat menonton film tuh tau banget tentang kekuatan penyembuhan yang berasal dari air mata.

Menangis tuh membuat kita terhubung dengan orang lain. Kita bisa belajar untuk melihat bahwa ada keadaan yang secara positif dan negatif mempengaruhi lingkungan kita. Dan kita pun rentan terhadapnya.

4. Nangis itu penting gengs ...

4. Nangis itu penting gengs ... Nangis tuh tetep penting buat manusia ... (indiatimes.com)

Orang-orang yang menangis selama menonton film tuh beranggapan bahwa mempertahankan perspektif tertentu tentang apa yang terjadi pada kita amatlah penting. Dan karena itulah, menangis itu penting.

Menangis juga memungkinkan mereka untuk mencapai stabilitas emosional yang lebih besar ketimbang mereka yang menyembunykan perasaan mereka.

Jadi, apa kalian termasuk orang yang suka nangis kalo nonton film?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"