Orang Tua Sebaiknya Gak Marahin Anak yang Dapat Nilai Rendah, Karena Mereka Berpeluang Sukses Nantinya!

Orang Tua Sebaiknya Gak Marahin Anak yang Dapat Nilai Rendah, Karena Mereka Berpeluang Sukses Nantinya!

Banyak orang tua mendorong anaknya kuat-kuat untuk mendapatkan nilai mata pelajaran yang bagus. Kalo bisa malah semua mata pelajaran dan dapet rangking satu di kelas.

Tapi gimana kalo anak itu malah dapet nilai rendah? Biasanya malah dimarahin sama orang tua tuh. Apa kamu pernah merasakannya juga? Padahal sebaiknya sih jangan dimarahin.

Seorang psikolog mencoba menjawab pertanyaan kenapa orang tua sebaiknya gak marahin anak yang dapat nilai rendah. Katanya, mereka justru berpeluang sukses nantinya. Simak alasan-alasannya nih.

#1 Karena mereka gak peduli dengan nilai

#1 Karena mereka gak peduli dengan nilai Mereka gak peduli dengan nilai (shutterstock.com)

Bagi banyak pelajar yang bisa dapet nilai tinggi di kelas, itu bisa jadi tanda keberhasilan mereka. Itu bisa berarti bahwa mereka telah berhasil mencapai sesuatu.

Tapi nilai untuk sebuah mata pelajaran kan sifatnya subyektif. Jadi, seorang anak gak cuma bergantung pada kualitas pengetahuannya. Ada faktor-faktor lain yang mendukung, seperti guru maupun mood mereka di kelas.

Nah, siswa yang terkesan malas dan mendapat nilai rendah gak peduli dengan nilai mata pelajarannya untuk membuktikan mereka berhasil. Mereka malah nggak pernah mencari penghargaan dari orang lain, dan mereka lebih peduli tentang seberapa puas mereka dengan apa yang telah mereka lakukan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"