Orang Jepang Gunakan Trik Kakeibo dalam Kelola Keuangan, Mungkin Bisa Kamu Coba

Orang Jepang Gunakan Trik Kakeibo dalam Kelola Keuangan, Mungkin Bisa Kamu Coba

Banyak orang berusaha mencari tips dalam mengelola keuangan. Mungkin bisa meniru dengan apa yang dilakukan masyarakat di Jepang. Orang Jepang melakukan trik kakeibo dalam mengelola keuangan.

Orang Jepang sudah mendapatkan predikat sebagai sosok bangsa yang ulet dan pekerja keras dalam menerapkan gaya hidupnya, termasuk gaya hidup hemat. Dilansir dari Pintek, sejak tahun 1994 tren kakebo berkembang di Jepang sampai sekarang.

Tujuan banyak warga Jepang melakukan metode kakeibo untuk mengontrol seluruh pengeluaran agar tidak boros. Cara yang dilakukan dengan mencatat setiap detail uang yang mereka keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Warga Jepang Melakukan Kakeibo dalam Kelola Uang (IDN Times)

Dalam menjalani kakebo mereka membagi beberapa bagian atau kategori. Misalnya kategori pertama yakni pengeluaran untuk keperluan biaya sekolah, makan, transportasi, kesehatan, dan cicilan. Sepertinya bagian ini menjadi kebutuhkan yang primer atau sangat penting.

Bagian kedua digunakan untuk kebutuhan operasional seperti belanja kebutuhan sehari-hari, termasuk membeli makanan di luar rumah. Bagian ketiga berhubungan dengan hiburan atau entertainment, misalnya internet, wisata atau liburan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"