5 Tips Mengelola Keuangan Setelah Lebaran, Yuk Ngumpulin Duit Lagi

5 Tips Mengelola Keuangan Setelah Lebaran, Yuk Ngumpulin Duit Lagi

Setelah merayakan lebaran biasanya kondisi keuangan sangat berpengaruh. Banyaknya pengeluaran kebutuhan sebelum saat lebaran menyebabkan uang jadi habis dan bingung untuk memulai hari yang baru. Bagaimana tips mengelola keuangan setelah lebaran yang benar dan tepat?

1. Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran saat lebaran menjadi tips yang pertama. Meskipun kebutuhan lebaran banyak tidak ada salahnya untuk membuat catatan kecil supaya kita mengetahui berapa uang yang dikeluarga selama lebaran. Catatan pengeluaran akan mempengaruhi bagaimana mengelola keuangan setelah lebaran.

2. Membuat Anggaran

Mengelola Keuangan Setelah Lebaran (Dompet Dhuafa)

Kamu menyesal banyak uang habis saat lebaran? Menyesali hal tersebut bukan jadi solusi. Yang ada kita malah terus menyesal tanpa melakukan pergerakan. Maka yang harus dilakukan adalah membuat anggaran. 

Setelah kita mengetahui jumlah pengeluaran saat lebaran maka membuat anggaran pengeluaran setelah lebaran sampai waktu gajian adalah cara tepat. Langkah ini bertujuan untuk mengatur ulang rincian pengeluaran serta menekan pos-pos atau kebutuhan yang dianggap tak begitu penting.

3. Pengeluaran Dibatasi

Pembatasan pengeluaran harus dilakukan apabila keuangan menipis pasca lebaran. Pengeluaran yang harus dibatasi misalnya hal-hal yang tak begitu penting seperti nongkrong di kafe atau membeli barang baru. Tidak ada salahnya untuk bersabar dulu sampai mendapatkan gaji agar bisa membeli barang yang diinginkan.

4. Menabung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"