Nggak Cuma Cewek, Ternyata Cowok Lebih Sakit Secara Emosional Ketika Putus Cinta, Lho!

Nggak Cuma Cewek, Ternyata Cowok Lebih Sakit Secara Emosional Ketika Putus Cinta, Lho!

Ada yang bilang kalau pasca putus cinta, biasanya cewek bakalan sedih dan nangis terus-terusan. Bahkan dia akan cenderung mengurung diri dan melow di sosmed. Dunia seakan runtuh. Beda sama cowok. Putus cinta sama nggak, ya biasa-biasa aja. Eits, tapi anggapan ini nggak selamanya benar, lho. 

Sebuah studi baru tentang hubungan menemukan bahwa pria alias cowok cenderung lebih mengalami rasa sakit emosional daripada wanita ketika hubungan asmaranya memburuk.

Untuk pertama kalinya, tim psikolog internasional yang dipimpin oleh peneliti dari Universitas Lancaster, Inggris, melakukan analisis data untuk mencari tahu masalah dalam hubungan asmara yang paling umum dialami banyak orang di luar pengaturan klinis dan konseling.

"Sebagian besar apa yang kita ketahui tentang masalah hubungan berasal dari studi terapi pasangan. Kami ingin memahami, tidak hanya masalah apa yang paling sering dialami dalam hubungan masyarakat pada 1 umumnya, tetapi juga siapa yang lebih banyak mengalami masalah," jelas penulis utama studi Charlotte Entwistle, dilansir dari Medical Xpress, Kamis (4/11/2021).

Ilustrasi Patah Hati (KlikDokter)

Peneliti menggunakan metode pemrosesan bahasa alami, di mana tim menganalisis karakteristik demografis dan psikologis 184 ribu lebih orang yang memposting masalah hubungan mereka ke forum online secara anonim.

Kemudian, mereka menentukan tema masalah paling umum yang muncul di setiap pos secara statistik dan menciptakan peta dari masalah tersebut.

Hasilnya, masalah terbanyak yang paling disebutkan adalah tentang komunikasi, dengan hampir satu dari lima orang mengalami kesulitan dalam mendiskusikan masalah, dan satu dari delapan menyebut masalah kepercayaan.

Selain itu, peneliti menemukan orang-orang lebih membahas rasa sakit emosional yang dirasakan daripada tentang masalah itu sendiri.

Kata yang paling banyak disebutkan adalah sakit hati, yang diikuti kata lain, seperti penyesalahan, putus cinta, menangis, dan patah hati.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"