Nenek Ini Berusia 116 Tahun, Pola Hidup Orang Jepang Langsung Jadi Sorotan

Nenek Ini Berusia 116 Tahun, Pola Hidup Orang Jepang Langsung Jadi Sorotan

Nenek bernama Tomiko Itooka menjadi orang Jepang tertua dan orang paling tua ke 2 di dunia yang sampai saat ini masih hidup. Pada 23 Mei lalu, ia baru saja berulang tahun ke 116 tahun.

Beberapa orang di dunia memang ada yang bisa hidup hingga usia 100 tahun. Hal ini bisa didapati karena mereka memiliki pola makan yang sehat.

Dikutip dari LongeviQuest (23/5/2024), Tomiko merupakan orang Jepang ke delapan yang bisa hidup hingga usia 116 tahun.

Meski sudah sangat tua, tetapi Tomiko memiliki energi yang begitu kuat. Dirinya sering mengkonsumsi Calpis, yakni minuman ringan Jepang dengan bahan dasar susu.

Tomiko Itooka (via longeviquest)

Tomiko juga masih mudah dalam berkomunikasi meski kini sedikit tuli. Ia merupakan kelahiran Osaka, Jepang, pada 23 Mei 1908. Dirinya menikah di usia 20 tahunan dan memiliki anak pertamanya di usia 21 tahun.

Tomiko mempunyai 2 putra dan 2 putri. Ia hidup sendirian di kampung halaman suaminya di Prefektur Nara selama 10 tahun usai suaminya meninggal di usia 1979. 

Hampir semasa hidupnya, Tomiko kerap berolahraga voli dan mendaki gunung. Hal ini yang pastinya berpengaruh pada usianya yang bisa panjang umur.

Terlepas dari itu, pola hidup masyarakat Jepang memang sudah dikenal sangat teratur. Mereka juga memliki prinsip hidup ikigai agar bisa beraktivitas tanpa stres yang berlebih.

Selain itu, masyarakat Jepang juga sangat menyukai makanan sayur dan kacang-kacangan yang tentu sangat berpengaruh pada kesehatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"