Negaranya Jadi Produsen Mobil, Kenapa Orang Jepang Banyak yang Gak Punya Mobil?

Negaranya Jadi Produsen Mobil, Kenapa Orang Jepang Banyak yang Gak Punya Mobil?

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang menjadi produsen mobil ke seluruh dunia. Tapi orang Jepang malah banyak yang gak punya mobil. Orang Jepang lebih memilih menggunakan transportasi umum, naik sepeda, bahkan berjalan kaki dibandingkan naik mobil. 

Merek-merek mobil seperti Toyota, Honda, Suzuki adalah mobil-mobil terkenal yang diekspor ke banyak negara khususnya ke Indonesia. Tapi kenapa ya orang Jepang banyak yang tidak memiliki mobil. Apakah karena harga mobil di Jepang yang mahal sehingga warga Jepang nggak mampu membeli?

Alasan pertama kenapa banyak orang Jepang tidak suka membeli mobil karena biaya pembuatan SIM yang sangat mahal. Untuk SIM mobil di Jepang seseorang harus merogoh kocek sampai 350.000 yen atau sekitar Rp 36 juta. Sangat mahal bukan?

Orang Jepang Banyak yang Gak Punya Mobil (Loker Jogja)

Berikutnya ada aturan yang mengharuskan orang Jepang yang mau membeli mobil harus memiliki sertifikat lahan parkir. Jadi sudah jelas mobil tersebut diparkir dimana. Tidak mungkin Jepang mirip dengan kondisi di Indonesia, bagaimana orang yang punya mobil banyak parkir di pinggir jalan karena rumahnya tidak ada garasi.

Makanya kondisi tata kota di Jepang sangat rapi dan teratur. Tidak ada kesemerawutan seperti yang ada di Indonesia, dimana mobil diparkir sembarangan oleh pemiliknya meskipun mengganggu kenyamanan orang lain.

Kemudian faktor selanjutnya soal biaya parkir. Di Indonesia saja biaya parkir Rp 5 ribu per jam untuk mobil sudah banyak pemilik mobil yang mengeluh. Bagaimana dengan di Jepang? Di Jepang untuk satu jam mobil parkir di tempat parkir umum diharuskan membayar sekitar 800 yen atau Rp 84 ribu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"