Negara di Dunia yang Pindahkan Ibu Kota, Indonesia Bakal Nyusul Nih

Negara di Dunia yang Pindahkan Ibu Kota, Indonesia Bakal Nyusul Nih

Presiden Jokowi beberapa tahun lalu memang sudah berencana untuk memindahkan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta. Dipilihlah Ibu Kota Nusantara atau IKN yang nantinya bakal menjadi ibu kota baru di Indonesia. Lokasinya ada di Kalimantan Timur.

Tentunya banyak faktor kenapa ibu kota pindah dari Jakarta ke IKN di Kalimantan, mulai dari faktor ekologis, sosiologs, dan historis. Faktor teknik terkait kondisi Jakarta yang dianggap sudah tak layak sebagai ibu kota menjadi penentu karena permukaan tanah yang makin turun tiap tahun dan penduduk yang padat.

Sebenarnya sebelum Indonesia berencana memindahkan ibu kota ke IKN, beberapa negara di dunia sudah lebih dulu melakukannya. Negara-negara tersebut ada di benua Afrika, Amerika, bahkan di Asia. Yuk begini penjelasannya.

Ibu Kota Negara Pindah (CNN Indonesia)

Nigeria

Nigeria adalah negara di benua Afrika. Pada tahun 1991 pemerintah Nigeria memindahkan ibu kota dari Lagos ke Abuja. Alasannya karena Lagos memiliki jumlah penduduk yang sangat padat. Roda perekonomian di Nigeria memang terpusat di Lagos. Meskipun sudah tak jadi ibu kota, namun Lagos menjadi salah satu kota besar di Nigeria dan Afrika.

Pakistan

Di kawasan Asia Selatan ada Pakistan. Negara ini awalnya memiliki ibu kota Karachi namun pada tahun 1961 pindah ke Islamabad. Alasannya yang diketahui hanya Karachi dianggap sudah tidak layak menjadi ibu kota sehingga Komisi Negara memindahkan ke Islamabad yang dianggap lebih cocok.

Myanmar

Masih di kawasan Asia, ada Myanmar. Mungkin belum banyak yang mengetahui ibu kota di negara ini adalah Naypyidaw. Dulunya Myanmar memiliki ibu kota di Yangon namun akhirnya pihak militer Myanmar memindahkannya ke daerah di sebelah utara yakni Naypyidaw. Pemindahan itu untuk menghindari serangan bangsa luar dari daerah laut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"