Negara Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah, Ternyata Ini Alasannya

Negara Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah, Ternyata Ini Alasannya

Negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah adalah negara Thailand. Selain Thailand, beberapa negara lain  yang tak pernah dijajah yaitu Jepang, Denmark, Islandia dan Tiongkok.

Berbeda dengan Indonesia yang selama lebih dari 350 tahun dijajah oleh bangsa lain. Thailand adalah negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. 

Selama abad ke-19, Thailand dikenal sebagai Kerajaan Siam yang terletak di antara Birma yang diperintah oleh Inggris (Myanmar) dan Indochina yang dikuasai oleh Prancis (Vietnam, Kamboja dan Laos). 

Banyak yang bertanya-tanya, mengapa negara ini tak pernah dijajah oleh bangsa lain. Nah ini dia ulasannya gengs:

1. Faktor Internal

1. Faktor Internal Raja Chulalongkorn (wikipedia.org)

Saat itu, Raja Chulalongkorn dari Kerajaan Siam, mencoba mengadopsi beberapa kebiasaan Eropa dan tertarik dengan teknologi Eropa. Upaya ini adalah dalam rangka mencegah penjajahan yang kecam.

Dari awal, Thailand sudah berupaya mengambil jalur diplomatik dimana dapat membantu Raja mempengaruhi Inggris-Prancis dan mencegah mayoritas dari kerajaan jatuh pada kekuasan Eropa.

Raja Thailand juga sangat terbuka dengan dunia luar. Saat itu, telah banyak orang-orang yang berpendidikan, termasuk anak-anak dan keluarga raja. Bahkan, keluarga rajapun dikirim ke luar negeri untuk menuntut ilmu. Dan mendatangkan guru dari Eropa untuk mengajar di Thailand.

2. Faktor Eksternal

2. Faktor Eksternal Peta wilayah Thailand (halokawan.com)

Pada masa itu, Thailand  menjadi buffer state atau perbatasan wilayah para kolonialis dari Eropa. Yaitu, antara Inggris di selatan dan utara, Prancis di Indocina dan Belanda di Hindia Belanda. Sehingga Thailand mencari cara yang cerdik untuk bertahan dalam situasi geopolitik yang amat kejam, sehingga membuat negera ini menjadi negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah.

Demikianlah alasan mengapa Thailand menjadi negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah, berkat modernisasi yang mereka anut, membuatnya selamat dari kejamnya para penjajah. Hebat bukan?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"