NASA Ungkap Ada Asteroid yang Akan Menabarak Bumi di Tahun 2024, Benarkah?

Sebulan terakhir, beberapa outlet berita internasional melaporkan jika sebuah asteroid yang sebelumnya ‘hilang’ bernama FT3 2007 kemungkinan akan menabrak Bumi di tahun 2024.

Faktanya, juru bicara NASA mengatakan “Tidak ada ancaman dampak asteroid yang diketahui terhadap Bumi pada abad mendatang. NASA dan mitranya rajin mengamati langit untuk menemukan, melacak, dan mengkategorikan asteroid dan objek dekat Bumi, termasuk yang mungkin berada dekat dengan Bumi.

“Catatan penting di sini adalah para ilmuwan planet mendefinisikan pendekatan asteroid yang berada dalam jarak 30 juta mil dari orbit Bumi sebagai pendekatan jarak dekat.

Bentuk asteroid (see.news)

“Semakin besar sebuah asteroid, semakin mudah bagi para ahli pertahanan planet kita untuk menemukannya, yang berarti bahwa orbitnya mengelilingi matahari biasanya sudah diketahui dan dipahami selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.”

Terlebih lagi, artikel yang memperingatkan peristiwa apokaliptik dapat terjadi akibat FT3 yang menghantam Bumi pada tahun 2007 diterbitkan pada tahun 2019, mengklaim bahwa peristiwa tersebut dapat menghantam planet kita pada bulan Oktober tahun itu. Tapi, hal itu jelas tidak terjadi kan?