Naik Haji 18 Kali, TKI Ini Cuma Bayar Rp 3,5 Juta

Naik Haji 18 Kali, TKI Ini Cuma Bayar Rp 3,5 Juta

Sulaiman adalah pria asal Indonesia yang menjadi TKI di Arab Saudi. Sudah 20 Tahun Sulaiman bekerja. Ternyata selama dua dekade ada di Arab Saudi, Sulaiman sudah 18 kali naik haji. Kabarnya dia tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukan ibadah haji. Kok bisa ya?

Melansir dari akun TikTok @andi.madinah, Sulaiman mengisahkan pengalamannya naik haji. Untuk biaya naik haji kali ini dia hanya mengeluarkan kocek sebesar 850 real atau Rp 3,5 juta. Menurutnya pengeluaran itu hanya digunakan untuk biaya transportasi saja, yakni menyewa taksi.

Sulaiman bekerja di Jeddah. Dari Jeddah menuju Mekah dia harus menyewa taksi. “Yang penting punya kenalan sopir taksi yang bisa antar saya dari Jeddah ke Mekah,” bilang Sulaiman. Sulaiman juga menambahkan, saat musim haji tentu masuk ke Mekah tidak mudah.

TKI Ini 18 Kali Naik Haji (TikTok @andi.madinah)

Sulaiman mengaku harus menyamar jadi wanita. Ia pun mengenakan baju gamis abaya warna hitam. Sulaiman juga memakai cadar untuk menutupi identitasnya sebagai laki-laki. Polisi Mekah pun akan mempersilahkannya masuk ke kota suci itu. Sulaiman pun akhirnya bisa melakukan ibadah haji.

Memang cara yang dilakukan Sulaiman cukup beresiko. Tapi 18 kali naik haji dia melakukan cara yang serupa. Biaya yang dikeluarkan Sulaiman sangat murah jika dibandingkan dengan biaya haji lainnya termasuk biaya haji yang dikeluarkan jamaah asal Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Biaya haji di Indonesia diusulkan naik di tahun 2023. Kementerian Agama baru-baru ini memberikan usul agar biaya haji naik menjadi Rp 69.193.733,60 atau sekitar Rp 69,2 juta. Tentu kenaikan biaya haji itu dikarenakan antisipasi tentang perubahan harga transportasi dan akomodasi di Arab Saudi yang akan naik di tahun 2023.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"