Biar keluarga di rumah makin senang, ke pusat oleh oleh Cirebon aja gengs dalam perjalanan mudik kamu nanti. Mulai dari batik sampai kerupuk, semua bisa jadi buah tangan buat keluarga.

Jalan-jalan ke Cirebon rasanya nggak lengkap kalau belum belanja oleh-oleh. Nah, kalau waktu mudik nanti kamu kebetulan lewat Cirebon lewat Jalur Pantura atau Tol Cipali, boleh juga lho mampir ke pusat oleh-oleh yang menjual makanan dan kerajinan khas daerah yang bisa jadi buah tangan buat keluarga di kampung halaman. 

Nah, berikut ini ada beberapa pusat oleh oleh Cirebon yang bisa kamu datangi:

Toko batik (tripadvisor.co.id)

Batik Trusmi

Buat pencinta batik, wajib banget nih mampir ke Batik Trusmi di Jl Trusmi Kulon No 148, Plered. Nama batik Trusmi diambil dari nama Ki Gede Trusmi, seorang penyebar agama Islam di daerah Trusmi, yang juga jadi nama desa. 

Seluruh area Trusmi terkenal banget sebagai sentra batik lho. Di sana, kamu bisa lihat batik motif Megamendung, Pekalongan, dan daerah Jawa Tengah lain. Nggak cuma kain, di sini sudah banyak batik dalam bentuk pakaian, selendang, hingga aksesoris. Harga batik di sini mulai dari Rp25 ribu sampai jutaan rupiah untuk koleksi batik premium. 

Jalan Raya Plered

Selain banyak ditemukan penjual empal gentong, di sepanjang Jalan Raya Plered ini pun dipenuhi pedagang oleh-oleh, misalnya sirup tjampolay, terasi petis, dan aneka kerupuk khas Plered, seperti kerupuk udang, kerupuk serundeng pedas, kerupuk bumbu rendang, kerupuk balado, dan kerupuk sambal goreng.

Kerupuk pasir khas Cirebon (zonasedap.blogspot.com)

Pasar Pagi

Pusat oleh-oleh Cirebon lainnya ada di Pasar Pagi, Jalan Siliwangi. Di pasar ini, memang banyak banget penjual makanan khas Cirebon, mulai dari sirup, keripik, kerupuk, petis, rengginang udang, gapit, gemblong, terasi, abon udang, sampai ikan asin. Suasana belanja di sini memang pasar banget, tapi enaknya kamu jadi bisa nawar, gengs. 

Pasar Kanoman

Pilihan lain untuk berburu oleh-oleh ada di Pasar Kanoman. Di sini, oleh-oleh yang dijual terkenal murah dan komplit banget semua khas Cirebon ada di tempat ini. Uniknya, di sini banyak penjual buah dan manisan juga lho. Jangan lupa cobain mangga gincunya ya! Lokasi pasar ini terletak di belakang Keraton Kanoman, jadi setelah belanja, kamu juga bisa lanjut jalan-jalan di sekitar keraton.

Sirup tjampolay (travelingyuk.com)

Toko Daud

Kalau kamu malas cari oleh-oleh di pasar, bisa nih mengunjungi Toko Daud di Jalan Sukalila. Di sini, tempat oleh-olehnya berada di dalam satu gedung dengan konsep mirip supermarket, jadi kamu nggak perlu capek keliling pasar. 

Untuk pilihan oleh-olehnya pun lengkap kok, mulai dari aneka makanan sampai pakaian semuanya ada di Toko Daud. Di sini juga menjual batik lho, dari batik tulis dan cap, serta kain atau baju batik.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations