Misteri Kenapa Tali Sepatu Bisa Lepas Padahal Udah Diikat Kuat-kuat

Misteri Kenapa Tali Sepatu Bisa Lepas Padahal Udah Diikat Kuat-kuat

Misteri kenapa tali sepatu bisa lepas. Padahal udah diikat kuat-kuat. Huft~

Kalian yang sekarang lagi pake sepatu, cek deh. Tali sepatunya lepas atau terikat kuat?

Kalo terikat kuat ya gapapa, tapi kalo lepas padahal udah diikat kuat-kuat ... itu misteri. Hiii~

Padahal udah diikat, kok lepas lagi ya? (simplemost.com)

Kondisi ini misterius banget, siapa coba yang ngelepas tali sepatu kita? Positive thinking aja, mungkin kamu gak mengikatnya dengan kencang. Tapi kalo para ahli berpendapat lain.

Tentang tali sepatu yang bisa lepas tiba-tiba itu udah ada penelitiannya lho gengs. Jawabannya ternyata berhubungan dengan injakan, hentakan, atau ayunan kaki kita.

Penelitian itu membuktikan bahwa gaya yang terjadi pada tali sepatu terikat bisa jauh lebih besar daripada yang dirasakan manusia pada rollercoaster yang paling ekstrem sekalipun.

Ini sangat misterius, tapi ada jawabannya kok (unsplash.com)

Demi menguak misteri lepasnya tali sepatu, para peneliti dari University of California Berkeley mempelajari pelari di atas treadmill atau kaki mekanis terprogram yang mengayun dan menghentak. Ya, kayak kita pas lagi jalan kaki gitu aja gengs.

Dari situ, ketemu deh tuh kalo kombinasi beberapa gaya pada ujung tali sepatu menyebabkan ikatan itu terlepas dengan sendirinya. Meski kamu udah mengikatnya dengan kencan.

Sekalinya udah renggang, gak bakal berhenti sampe akhirnya talinya lepas sendiri.

Lepasnya tali sepatu itu gak bisa diduga-duga. Pas kita lagi jalan kaki, lagi lari, lagi menghentak-hentak bumi, mengayun-ayun. Semua gerakan itu menyebabkan tali sepatu lepas gengs.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"