Mesra, Gini Kenangan Ratu Elizabeth II Bersama 3 Presiden Indonesia Sebelum Meninggal Dunia, Salah Satunya Dapat Gelar Kehormatan

Mesra, Gini Kenangan Ratu Elizabeth II Bersama 3 Presiden Indonesia Sebelum Meninggal Dunia, Salah Satunya Dapat Gelar Kehormatan

Kepergian Ratu Elizabeth II untuk selamanya membuat masyarakat di seluruh dunia ikut bersedih. Diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 96 tahun karena sakit di kediamannya di Istana Balmoral, Skotlandia pada Kamis, 8 September 2022 waktu setempat.

Pemakaman Sang Ratu akan dilakukan di Westminster Abbey, London, 10 hari pasca pengumuman resmi kematiannya. Sebelum wafat, Ratu Elizabeth II sudah memerintah kerajaan Inggris selama 70 tahun yakni sejak 1952. 

Hal ini membuatnya dinobatkan sebagai pemimpin yang paling lama berkuasa di Inggris, mematahkan rekor Ratu Victoria yakni 63 tahun, 216 hari. Selama memimpin, Ratu Elizabeth II juga punya jejak sejarah dengan Indonesia. Dia pernah berkunjung ke Indonesia pada 18 Maret 1974. 

Tidak sendiri, Ratu Elizabeth datang dengan didampingi sang suami, Pangeran Philip. Dalam kesempatan itu, Sang Ratu menghabiskan waktu yang cukup lama di Indonesia yakni dari 15-22 Maret 1974 atau sekitar 7 hari lamanya. 

Sayangnya, momen itu menjadi pertama dan terakhir kalinya ia datang ke Indonesia. Meski begitu, Ratu Elizabeth pernah bertemu dengan tiga Presiden RI sebelum meninggal dunia, siapa saja mereka? Berikut kenangan Ratu Elizabeth II dengan kepala negara Indonesia.

Soeharto

Soeharto Ratu Elizabeth II – Soeharto (Berbagai Sumber)

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip disambut Presiden Soeharto di Istana Negara pada 18 Maret 1974. Sebagai kunjungan balasan, giliran Presiden Soeharto yang berkunjung ke Inggris. Ketika itu, Ratu Elizabeth II menerima kunjungan kenegaraan Presiden Indonesia di Victoria Station, London pada 13 November 1974. 

Tidak hanya itu saja, Soeharto juga pernah datang ke Inggris didampingi ibu negara, Tien Soeharto. Untuk merayakan kedatangan keduanya, Ratu Elizabeth II pun menggelar jamuan kenegaraan di Istana Buckingham untuk Presiden ke-2 Indonesia itu yang meninggal dunia pada 27 Januari 2008 itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"