Mengenang Ratu Elizabeth II Saat Datang ke Indonesia, Naik Kapal Pesiar Dikawal Dua Kapal Perang

Mengenang Ratu Elizabeth II Saat Datang ke Indonesia, Naik Kapal Pesiar Dikawal Dua Kapal Perang

Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis (8/9) dalam usia 96 tahun. Banyak kenangan yang jadi memori indah seluruh penduduk dunia terhadap sosok yang terkenal dengan keramahannya ini. Tau nggak sih kalau Ratu Elizabeth ini pernah berkunjung ke Indonesia pada 18 Maret 1974. 

Peristiwa itu sangat bersejarah bagi sang ratu dan juga Indonesia karena untuk pertama dan terakhir kalinya ia datang ke Indonesia. Ratu Elizabeth tidak sendiri karena ia didampingi sang suami Pangeran Philip. Ratu Elizabeth menghabiskan waktu cukup lama selama berada di Indonesia dari 15-22 Maret 1974 atau sekitar 7 hari lamanya.

Dalam kunjungannya tersebut, Ratu Elizabeth membawa juga kapal pesiar milik Kerajaan Inggris, Royal Yacht Britannia. Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip memang tiba di Jakarta dengan pesawat terbang. Kala itu mereka disambut oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin. Malam harinya usai tiba, Ratu Elizabeth bertamu dengan Presiden Soeharto untuk jamuan makan malam bersama.

Mengenang Ratu Elizabeth II Naik Kapal Pesiar di Indonesia, Kunjungan Pertama dan Terakhirnya (Detikcom)

Setelah berada di Jakarta untuk bertemu sejumlah pejabat, Ratu Elizabeth dan rombongan menuju Yogyakarta. Ia disambut oleh Raja Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono IX di Keraton Yogyakarta. Penyambutan Ratu Elizabeth di keraton sangat meriah dengan kehadiran ratusan prajurit keraton dengan senjata lengkap.

Dari Yogyakarta, Ratu Elizabeth bergegas menuju Pulau Bali. Bali memang jadi primadona sejak dulu. Ratu Elizabeth takjub melihat pesona keindahan alam Bali dengan banyak budaya yang mengakar di sana, seperti tari-tarian  dan kesenian lainnya. Ratu Elizabeth mengunjungi Istana Tampaksiring.

Puas jalan-jalan di Bali, Ratu Elizabeth pulang menuju Jakarta. Saat menuju Jakarta, ia naik kapal pesiar yang memang sudah menunggunya di Bali. Dalam melakukan perjalanan menuju Jakarta, kapal pesiar yang ditumpanginya dikawal oleh dua kapal perang HMS HMS Argonaut dan KRI Samadikun untuk berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"