Meski Lagi Dilarang, Kamu Harus Tau Sejarah Jabat Tangan yang Fungsinya Beda Banget Sama Sekarang~

Meski Lagi Dilarang, Kamu Harus Tau Sejarah Jabat Tangan yang Fungsinya Beda Banget Sama Sekarang~

Kita bisa berkenalan dengan orang baru di mana aja. Asalkan ketemu secara langsung, jabat tangan kayaknya perlu deh, sebagai tanda perkenalan.

Dampaknya bagus kok gengs, setidaknya suasana bisa lebih cair setelah berjabat tangan. Bahkan fungsi jabat tangan yang kita kenal saat ini juga bermacam-macam.

Selain tanda perkenalan, jabat tangan juga bisa dimaknai sebagai tanda berdamai, minta maaf, atau mungkin menghormati orang dengan maksud mengakrabkan diri. 

Jabat tangan biasanya mau kenalan (unsplash.com)

Sebagai tanda ucapan selamat bisa. Jabat tangan juga diperlukan dalam membuat perjanjian. Ijab qabul juga jabat tangan loh gengs~ hehehe.

Akan tetapi, situasi belakangan ini membuat orang-orang perlu mengurangi intensitas berjabat tangan. Setidaknya setelah penyebaran virus corona di mana-mana. 

Yap, virus itu bahkan bisa menyebar dari sekadar kontak fisik macam jabat tangan doang.

Meski lagi dilarang, jabat tangan emang punya banyak arti gengs. Tapi seperti biasa ... beda sekarang beda dulu.

Kalo di masa sekarang jabat tangan digunakan sebagai tanda perkenalan, jabat tangannya orang-orang jaman dulu tidak digunakan buat kenalan sama orang baru.

Jabat tangan juga punya sejarah panjang nih, tapi ... (strangehistory.net)

Ribuan tahun lalu, jabat tangan lazim digunakan di jaman Yunani Kuno. Hal ini pernah diungkap oleh arkeolog yang meneliti tentang teks dan lukisan kuno dari jaman tersebut.

Dalam sebuah lukisan kuno, praktik jabat tangan dilakukan oleh pasukan perang di masa itu. Umumnya digambarkan sebagai dua orang tentara yang berjabat tangan. Bersalaman.

Melihat gambaran itu, para arkeolog pun sampai pada satu kesimpulan bahwasanya jabat tangan di jaman dulu berhubungan dengan keselamatan orang yang saling menyodorkan tangannya. Apa hubungannya?

Ribuan tahun lalu, menggenggam tangan orang lain dengan maksud jabat tangan berarti membuktikan bahwa tangan orang yang saling berjabat itu kosong. Yap, berarti mereka nggak bawa senjata.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"