Menurut Ilmuwan, Manusia Bisa Kenali Sekitar 5.000 Wajah yang Berbeda

Menurut Ilmuwan, Manusia Bisa Kenali Sekitar 5.000 Wajah yang Berbeda

Kita mengalami banyak pertemuan dengan orang-orang setiap hari. Mungkin kita berkenalan atau bertemu langsung, mungkin lewat media sosial macam Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, dan seterusnya. Mungkin juga dari berbagai foto yang pernah kita lihat sebelumnya.

Tapi, apakah kalian bisa mengingat banyak wajah tersebut? Kalo bisa, ada berapa wajah yang kalian ingat? Terbatas gak jumlah wajah yang kalian ingat?

Susah nginget wajah orang kalo lagi nobar begini (abc.net.au)

Nah, sains menjawab hal ini.

Sebuah penelitian dari University of York, Inggris menemukan bahwa rata-rata, manusia bisa mengingat hingga 5.000 wajah. Penelitian itu pun telah diterbitkan dalam jurnal di Royal Society B, sebagaimana dilansir Medical Daily.

"Studi kami berfokus pada jumlah wajah yang kita benar-benar ketahui. Kami belum bisa menemukan batasan tentang berapa banyak wajah yang bisa ditangani oleh otak," jelas Dr. Rob Jenkins dari Departemen Psikologi University of York.

Kalo begini juga gak gampang kita inget (adventuretravel.co.id)

"Kemampuan kita untuk membedakan individu satu dengan yang lainnya tentu penting, karena kemungkinan kita untuk tetap terhubung dengan mereka dari waktu ke waktu," lanjutnya.

Ada beberapa langkah yang dilakukan sebagai metode dalam penelitian tersebut. Pertama, para peneliti meminta para peserta untuk menghabiskan satu jam dengan mengingat sebanyak mungkin wajah. Mulai dari lingkaran pertemanan, keluarga, rekan sekolah dari kecil sampe kuliah, rekan kerja, atau lingkaran personal lainnya.

Kedua, peserta kemudian diminta untuk mengenali lebih dari 3.000 tokoh terkenal atau publik figur. Mereka adalah aktor, penyanyi, atlet, politisi, dan seterusnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"