Meninggal Hari Jumat dan Beberapa Keistimewaannya

Meninggal Hari Jumat dan Beberapa Keistimewaannya

Meninggal hari Jumat adalah impian umat muslim. Memang, kematian tak ada yang bisa memprediksi kapan datangnya. Kematian pasti akan menghampiri tiap manusia, dimanapun dan kapanpun waktunya. Tak ada yang dapat menghindari diri dari momok menyeramkan berupa kematian yang merupakan rahasia Tuhan.

Tak ada manusia yang tahu kapan ia akan meninggal. Namun, ternyata ada hari idaman untuk meninggal dunia, yaitu hari Jumat. Banyak keistimewaan meninggal hari Jumat, berikut adalah beberapa keistimewaannya:

1. Terbebas dari perihnya siksa kubur

1. Terbebas dari perihnya siksa kubur Siksa kubur (islamdetikini.com)

Keistimewaan pertama jika meninggal hari Jumat adalah akan terbebas dari siksa kubur. Konon, siksa kubur adalah siksa yang perih dan menyakitkan, biasanya akan diderita oleh manusia-manusia yang semasa hidupnya melakukan kejahatan. 

Keistimewaan terhindar dari perihnya siksa kubur saat meninggal hari Jumat ini ada dalam sebuah hadis yang berbunyi, "Tak ada seorang Muslim pun yang meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat kecuali Allah SWT akan menjaganya dari fitnah kubur." ( HR Tirmidzi)

Nah, siapa yang nggak kepengin jika keistimewaannya aman dan tenteram di kubur gengs?

2. Jaminan surga untuk orang beriman

2. Jaminan surga untuk orang beriman Surga orang beriman (banjarmasin.post.tribunnews.com)

Tak nanggung-nanggung, meninggal hari Jumat memang istimewa banget gengs. Mereka yang beriman dan meninggal di hari Jumat akan ada jaminan surga. 

Kitab Hilyatul Aukiya' menerangkan bahwa, siapa saja yang ditakdirkan meninggal di hari Jumat. maka orang itu akan jauh dari siksa kubur.

Waktu meninggal ini adalah pada Kamis malam usai terbenamnya matahari sampai Jumat sebelum adzan magrib.

3. Akan dinilai baik oleh masyarakat

3. Akan dinilai baik oleh masyarakat Masyarakat membantu jenazah dan keluarga (bacaanmadani.com)

Dalam hal ini, masyarakat sekitar adalah elemen penting, karena mereka akan membantu proses selama pemakamam berlangsung. 

Karena masyarakat percaya jika meninggal hari Jumat adalah bentuk keistimewaan, mereka akan berpandangan baik kepada orang yang meninggal di hari tersebut. Tak hanya itu, keluarga juga akan mendapat ketenangan atas itu.

4. Meninggal dengan keadaan Khusnul Khotimah

4. Meninggal dengan keadaan Khusnul Khotimah Meninggal khusnul khotimah (liputan6.com)

Meninggal pada hari Kamis malam hingga Jumat adalah sebaik-baik waktu untuk meninggal gengs. Konon, jika seorang muslim meninggal di waktu ini, maka ia akan meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Nah, demikianlah beberapa keistimewaan meninggal hari Jumat. Semoga kita termasuk orang-orang pilihan, yang mendapat waktu dan tempat terbaik saat meninggal kelak. Amin....

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"