Menguak Isi Surat Cinta Tertua Di Dunia Yang Berasal Dari Masa 2200 Sebelum Masehi

Menguak Isi Surat Cinta Tertua Di Dunia Yang Berasal Dari Masa  2200 Sebelum Masehi

Zaman dahulu, salah satu cara berkomunikasi jarak jauh adalah berkirim surat. Para pasangan yang LDR-an pun udah pasti sering kirim-kiriman surat buat saling mencurahkan isi hati dan perasaan. 

Memang sih caranya lebih ribet dibanding zaman sekarang, tapi justru bikin romantis! Di mana tiap orang harus tulis tangan apa yang ingin disampaikan, dibungkus amplop, terus dikirim bisa sampai berhari-hari baru sampai di penerima..

Sekarang ini mungkin surat-suratan udah jarang dilakukan, karena ya mungkin buat apa juga? Toh chatting atau email lebih praktis dan cepat sampai. Tapi tetap aja rasanya lebih istimewa ketika bisa dapat surat cinta dari orang tersayang.

Surat cinta tertua (howtoistanbul.com)

Penasaran nggak kalau orang zaman dulu surat-suratannya kayak apa? Nah, kebetulan banegt nih ada ilmuwan Philadelphia yang menemukan artegak di Lembah Niffer, sekitar 150 km dari kota Baghdad, Irak. Dari beberapa penemuan, rupanya salah satunya adalah surat cinta tertua. 

Surat cinta tertua ini berasal dari masa 2200 SM dan ditemukan setelah penggalian arkeologi tahun 1889 oleh Noah Kramer Profesor dari Philadelphia University.

Kalau dilihat sekilas sih, artefaknya emang nggak kayak surat dari penampakannya. Bentuknya sederhana banget, kayak cuma lempengan tebal tapi ada tekstur garis-garis unik. Polanya jadi tampak kayak rajutan. Jadi awalnya lumayan susah mencari tahu apa maksud dari artefak tersebut.

Surat cinta tertua (ancient.eu)

Setelah 58 tahun kemudian, penemuan tersebut baru deh bisa diterjemahkan. Si penerjemahnya adalah sumerolog alias ahli bahasa Sumeria terkenal di dunia, yaitu Muazzez Longsor dan Hatice Kzlaybu.

Baru deh pas udah diterjemahkan terungkap kalau artefak itu adalah surat yang dibuat oleh pendeta tinggi atau high priest bangsa Sumeria bernama Inanna yang ditujukan kepada raja yang merupakan suaminya di malam pernikahan mereka. 

Kebetulan, menulis puisi cinta ini emang tradisi  bangsa Sumeria yang umum dilakukan pada malam pernikahan untuk pasangannya. Setelah diterjemahkan ke bahasa Indonesia, berikut isi suratnya~



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"