Mengenal Teknik Win-Win Solutions Dalam Bernegosiasi, Soft Skill yang Wajib Diketahui!

Mengenal Teknik Win-Win Solutions Dalam Bernegosiasi, Soft Skill yang Wajib Diketahui!

Negosiasi merupakan suatu proses interaktif yang melibatkan dua pihak atau lebih yang sudah memiliki pandangan, pendapat, maksud dan tujuan yang sama untuk berupaya mencapai kesepakatan bersama dengan saling bertukar sesuatu hal yang dimiliki oleh masing-masing.

Negosiasi ini merupakan proses komunikasi dengan tujuan yang berbeda dengan pertukaran sesuatu hingga mencapai kesepakatan bersama dengan menguntungkan semua pihak. Negosiasi ini akan menyelesaikan permasalahan, melakukan suatu persetujuan dan melakukan penawaran untuk mendapatkan suatu keuntungan bersama (win-win solution). Berikut teknik yang dapat dilakukan untuk mencapai negosiasi dalam win-win solution, diantaranya yaitu:

1. Silent

https://www.pexels.com/

Teknik yang pertama yaitu menggunakan teknik diam. Diam bukan berarti tidak melakukan apa-apa, namun harus selalu melakukan observasi atau mengamati, baik obyek maupun subyek yang berkaitan dengan negosiasi. Selanjutnya hasil dari observasi ini dipikirkan dengan matang pada tahap ini untuk merencanakan strategi negosiasi.

2. The Seed of Doubt



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"