Mendekati Ancaman Erupsi Merapi, Makhluk ini Bisa Menjadi Tanda Kapan Letusan Hebat Terjadi, Gengs

Mendekati Ancaman Erupsi Merapi, Makhluk ini Bisa Menjadi Tanda Kapan Letusan Hebat Terjadi, Gengs

Gunung vulkanik yang dikenal aktif dan kerap erupsi dalam siklus beberapa tahun sekali ini mengalami kenaikan status, Gengs. Dari level Waspada, kini status Merapi ditetapkan sebagai gunung aktif yang ada di level III Siaga.

gunung merapi naik ke level siaga III (PikiranRakyatCirebon.com)

Erupsi dan guncangan yang berasal dari Gunung Merapi mulai berdampak ke sejumlah wilayah di sekitar Merapi. Wilayah tersebut akhirnya ditetapkan sebagai zona berbahaya.

Karena lokasinya yang berada di tengah-tengah Jawa, Gunung Merapi mendapatkan pemantauan khusus.

Aktivitas gunung yang terus menerus mengalami perubahan dicatat dan didokumentasikan secara rinci oleh tim ahli dan peneliti.

Gak cuma itu, tim ahli juga rutin memberi langkah-langkah antisipatif, selain itu gak ketinggalan juga sosialisasi kepada masyarakat lereng gunung, Gengs.

Bersamaan dengan itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi bantuan sejumlah masker di empat kabupaten untuk antisipasi letusan gunung merapi. 

"Pekan lalu, BNPB telah menyalurkan 100.000 masker di empat kabupaten yaitu, Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali, dengan masing-masing 25.000 masker, BNPB juga mengirimkan lampu air garam 216 buah untuk penerangan darurat," jelas Radit di Jakarta pada Senin 16 November 2020.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"