Memberikan Buket Bunga, Warisan Budaya Kolonial yang Masih Bertahan

Memberikan Buket Bunga, Warisan Budaya Kolonial yang Masih Bertahan

Orang-orang menyebut 14 Februari sebagai Hari Valentine. Mereka yang merayakannya mungkin akan memberikan kasih sayangnya kepada orang-orang yang mereka sayangi, karena ini juga disebut juga sebagai 'hari kasih sayang'.

Sah-sah aja kok merayakan hari kasih sayang itu. Mungkin di hari itu, kasih sayang setiap orang jadi berlipat-lipat gitu ya. Padahal ya sama aja sih, hehehe.

Kalian ngerayain Valentine gak gengs? (gourmetgiftbaskets.com)

Nah, selama ini, Valentine identik banget sama tradisi memberikan cokelat dan bunga. Jangan heran deh kalo cokelat-cokelat di pasaran mejeng dan didiskon biar semua pada beli. Tapi kalo bunga?

Banyak kok toko penjual bunga yang kebanjiran order untuk perayaan Valentine ini. Setelah pesan, beli, dan dirangkai, siapapun mereka yang akan memberikan akan melangsungkan tradisi memberi dua hal tadi, terutama ya bunga itu.

Biasanya nih, biasanyaaa ... si cowok akan datang dan memberikan rangkaian bunga untuk si cewek. Si cewek tersipu malu, bilang terima kasih, salting, terus kencan makan malem deh. Bener gak? Romantis gak gengs?

Ngasih bunga ke pasangan (balanceyourlife.com)

Perlu kalian ketahui juga nih, tradisi memberikan buket atau karangan bunga tuh gak cuma pas buat Valentine doang lho. Toh kita sering ngeliat selalu ada karangan bunga di rumah duka, di kuburan, atau di acara pernikahan.

Nah, momen mengungkapkan perasaan, entah cinta, duka cita, bela sungkawa, atau selamat kepada orang lain kebanyakan emang diwakili oleh karangan bunga. Bunga, sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia, tampil untuk memanifestasikan bentuk kepedulian dan kasih sayang kita kepada orang lain.

Ngasih bunga buat pacar~ (flowers-japan.com)

Seniman dan pengajar profesional bunga di Intuition Floral Art Studio, Andy Djati Utomo mengatakan bunga adalah perhatian. "Saat kita memberikan bunga kepada seseorang, berarti kita 'care' pada orang tersebut," kata Andy.

Tapi, tau nggak kalian kalo ternyata tradisi memberikan buket bunga datang dari mana?

Kedekatan orang-orang Indonesia dengan tradisi memberikan sebuket bunga sebagai ungkapan perhatian dan kasih sayang tak lepas dari cerita masa silam Tanah Air kita oleh Belanda sekitar tujuh dekade yang lalu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"