Membaca Punya Segudang Manfaat Buat Kesehatan Loh, Cek Deh!

Membaca Punya Segudang Manfaat Buat Kesehatan Loh, Cek Deh!

Membaca sebenernya simpel gengs, tapi kadang kita aja yang malas melakukannya. Padahal, membaca tuh bikin wawasan kita tambah luas, jadi lebih banyak dapat informasi dan segala hal yang belom kita ketahui.

Di balik itu, membaca buku ternyata puya manfaat sendiri buat kesehatan loh. Terutama buat kesehatan otak dan mental kita gengs.

Seperti dikutip dari Liputan6.com, membaca tuh punya segudang manfaat buat kesehatan loh, cek deh apa aja manfaatnya.

Apa aja sih manfaat baca buku buat kesehatan? (ccisd.net)

Meredakan stres

Sebuah film di Inggris menyebutkan bahwa membaca buku tuh mampu menurunkan tingkat stres lebih tinggi ketimbang melakukan aktivitas lainnya.

Dalam penelitian itu, disebukan bahwa melakukan aktivitas membaca bisa menurunkan tingkat stres hingga 67 persen gengs. Ini terjadi karena turunnya tensi pada otot dan jantung seseorang ketika perhatiannya teralihkan dan konsentrasi pada kata-kata yang tercetak dalam sebuah teks.

Padahal, stres tuh bisa hinggap kepada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Makanya, banyak baca deh ... stres kalian bakal hilang pastinya.

Risiko alzheimer bisa turun

Membaca juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit alzheimer gengs. Alzheimer adalah peyakit pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat dan fungsi kognitif seseorang. Penawar dari penyakit ini pun belum ditemukan.

Tapi, sebuah studi yang dilakukan Rush University menunjukkan bahwa orang yang membaca secara teratur memiliki peluang lebih rendah terserang alzheimer. Penelitian ini menunjukkan pula bahwa orang yang membaca buku secara teratur memiliki tingkat penurunan kognitif 32 persen lebih lambat di masa depannya.

Baca buku kan bisa di mana aja dan kapan aja gengs (businessinsider.com)

Meningkatkan fungsi otak

Manfaat membaca lainnya adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dari Emory University yang menunjukkan membaca bisa membuat ketersambungan dalam otak kita jadi lebih baik.

Ketersambungan itu membawa pengaruh baik karena bisa meningkatkan fungsi otak. Selain itu, dalam penelitian itu juga disimpulkan bahwa membaca teks, terutama cerita juga bisa membuat orang mampu berempati. Jadi kita bisa memposisikan diri kita sebagai orang lain pula.

Konsentrasi dan daya ingat kita menguat

Membaca juga bermanfaat buat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita gengs. Sebuah studi juga menunjukka bahwa mereka yang terbiasa membaca memiliki kemampuan fokus dan berkonsentrasi yang lebih baik ketimbang mereka yang nggak terbiasa membaca.

Ini sama juga dengan tubuh yang membutuhkan olahraga biar tetep bugar gengs. Otak kita tuh perlu "berolahraga" untuk mempertahankan fungsinya. Otak manusia juga kan punya fungsi kognitif, misalnya kemampuan daya ingat dan konsentrasi.

Membaca buku, menurut jurnal dari American Academy of Neurology, mampu melatif daya ingat dan konsentrasi seseorang. Otak kita distimulasi untuk terbiasa dengan mengolah pikiran dan memori. Kita juga akan fokus terhadap suatu hal selama beberapa waktu.

Banyak keuntungannya deh baca buku tuh (freepik.com)

Memperpanjang umur

Penelitian dari Yale University's Scholl of Public Health menunjukkan bahwa mereka yang sepanjang hidupnya banyak menghabiskan waktu untuk membaca bakal punya umur yang panjang.

Hal ini mungkin terjadi karena orang-orang yang banyak membaca buku sering terlibat dengan orang lain untuk membicarakan apa yang telah mereka baca. Inilah yang kemudian membangun sistem pendukung yang kuat.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo baca apa saja mulai dari sekarang gengs. Manfaatnya bisa kalian rasakan sendiri kok gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"