Memalukan Negara, Akun YouTube Calon Sarjana Ketahuan Plagiat

Memalukan Negara, Akun YouTube Calon Sarjana Ketahuan Plagiat

Ketahuan plagiat, akun Calon Sarjana trending.

Akun YouTube Calon Sarjana emang salah satu akun terkenal di Indonesia. Akun ini sering banget upload video aneh, unik, lucu dan viral gitu. Tapi ya memang video yang diuplod bukan bikinan Calon Sarjana sendiri. Akun tersebut mengambil video dari internet dan entah darimana asalnya. Calon Sarjana hanya mengedit suara, tulisan lalu memberikan watermark pada video tersebut.

Akun Calon Sarjana ini gak diketahui dengan pasti milik siapa. Meski video-videonya sering trending di YouTube. Nah, kok bisa ya Calon Sarjana ini kena copyright? Padahal banyak chanel serupa yang juga asal nyomot video orang lain.

Nah, sebenarnya memang hal kayak gini sering terjadi di kalangan pembuat konten. Konten yang udah diunggah di internet bisa digunakan siapa saja. Tapi dengan syarat menyertakan sumber konten aslinya. Tapi konten-konten Calon Sarjana ini gak mencantumkan hal tersebut.

Berita plagiat ini jadi heboh sejagat raya, huwe.. lebay sih. Tapi ya emang akun YouTube Calon Sarjana yang ketahuan plagiat ini jadi berita Internasional. Memalukan negara kata netizen mah. Nama Indonesia tertulis dengan jelas di akun YouTube JT @JTonYouTube

Komentar Ernest Prakarsa (Twitter @ernestprakarsa)

Setelah akun YouTube Calon Sarjana ketahuan plagiat, namanya jadi trending di twitter. Bahkan Ernest Prakasa juga mengomentari kejadian ini. Dalam videonya yang berdurasi 4.54 menit, JT menjelaskan bagaimana Calon Sarjana mencuri videonya dan menggunakan video tersebut untuk mendapat banyak keuntungan. Dia juga mengirimkan email kepada Calon Sarjana, merasa marah dengan apa yang dilakukan oleh akun tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"