Masjid Tertua di Indonesia, Ajaib... Sampai Kini Masih Berdiri Kokoh

Masjid Tertua di Indonesia, Ajaib... Sampai Kini Masih Berdiri Kokoh

Masjid tertua di Indonesia masih ramai dikunjungi oleh orang-orang. Baik untuk beribadah maupun untuk wisata sejarah. Masjid menjadi salah satu saksi bisu bagi berkembangnya Islam di Indonesia.

Ada dua pendapat tentang masuknya Islam ke Indonesia, yaitu yang pertama, pada abad ke-7 yang dibawa oleh pedangang Arab Timur Tengah, pendapat kedua yaitu, pada abad ke-13 yang dibawa oleh pedagang asal Gujarat, India.

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya memeluk Islam. Pembangunan masjid mendapat akses yang mudah. Lalu, apa kabar zaman dahulu?

Ternyata, di abad ke-13 telah berdiri sebuah masjid yang kokoh hingga sekarang. Nah, bukan hanya itu, ada beberapa masjid tertua di Indonesia yang punya nilai sejarah yang tinggi lho. Berikut daftar 3 masjid tertua di Indonesia:

1. Masjid Saka Tunggal di Banyumas, Jawa Tengah

1. Masjid Saka Tunggal di Banyumas, Jawa Tengah Masjid Saka Tunggal (merdeka.com)

Masjid tertua di Indonesia yang pertama adalah Masjid Saka yang berlokasi di Cikakak, Banyumas, Jawa Tengah. Masjid ini telah berdiri sejak tahun 1288.

Dulu seorang kyai bernama Kyai Mustolih pernah menulis buku tentang masjid Saka. Namun sayang sekali, buku itu telah hilang. 

Saka berarti tiang, konon... dulu masjid ini memiliki satu tiang penyangga saja. Hal itu melambangkan, jika Tuhan hanya ada satu, yaitu Allah SWT.

2. Masjid Wapauwe di Maluku

2. Masjid Wapauwe di Maluku Masjid Wapauwe (tabloidwisata.com)

Selanjutnya adalah masjid Wapauwe yang berlokasi di Maluku, salah satu masjid tertua di Indonesia Timur ini membuktikan jika Islam telah menyebar hingga ke Timur.

Dalam Masjid ini tersimpan mushaf Al-Qur'an Imam Muhammad Arikulapessy yang ditulis dengan tangan pada tahun 1550. Serta Mushaf Nur Cahya (1590), dan benda-benda bersejarah yaitu naskah khotbah dan kitab berzanzi.

3. Masjid Ampel yang terletak di Surabaya

3. Masjid Ampel yang terletak di Surabaya Masjid Ampel (kmstour.com)

Masjid tertua di Indonesia ke-3 adalah masjid Ampel. Masjid ini berada di Surabaya, Jawa Timur. Masjid yang berdiri sejak tahun 1421 telah menjadi saksi bisu peribadahan orang-orang Islam selama berabad-abad lamanya.

Kini, selain menjadi tempat ibadah, masjid Ampel menjadi tujuan dari wisata religi. Banyak wisatawan yang ingin menapaki jejak-jejak sejarah melalui masjid Ampel.

Demikianlah tiga masjid tertua di Indonesia, masjid-masjid itu masih nampak kokoh dan gagah. Ini berkat orang-orang yang terus merawat dan menjaga masjid. 

Gimana gengs? Berminat ngunjungin masjid-masjid tertua di Indonesia? Kalo iya, selamat beribadah sekaligus mensyukuri nikmat Islam yang masih hadir hingga kini.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"