Manusia Harus Berterimakasih Dengan Sosok Ini, Tanpanya Mungkin Manusia Sudah Punah Sejak Dulu

Manusia Harus Berterimakasih Dengan Sosok Ini, Tanpanya Mungkin Manusia Sudah Punah Sejak Dulu

Bagi yang belum tahu, saat itu bisa dikatakan merupakan hari bersejarah bagi umat manusia dan bisa saja saat itu manusia punah dari muka bumi karena tragedi tersebut. 

Pada 27 Oktober 1962, dunia angat genting karena bisa saja terjadi perang nuklir yang akan memusnahkan dunia namun berkat jasa Vasili Arkhipov yang merupakan seorang perwira kapal selam Rusia sehingga berkat jiwa heroiknya berhasil menggagalkan perang nuklir tersebut.  

Foto Bom Nuklir Saat Dijatuhkan

Foto Bom Nuklir Saat Dijatuhkan liputan6.com

Menurut sumber yang dilansir dari Daily Mirror pada Sabtu (15/6/2019), kisah heroik sang perwira itu baru terungkap setelah 50 tahun kemudian.

Konon pada waktu itu hanya beberapa detik sebelum bencana mematikan nyaris terjadi. Menurut Thomas Blanton direktur Arsip Keamanana Nasional di Universitas George Washington, tahun 2002 menyebutkan, "seorang pria bernama Vasili Arkhipov menyelamatkan dunia."

Tahun 2007, setelah 19 tahun kematian Arkhipov, banyak pihak merasa berhutang budi atas tindakan heroiknya atas upayanya menyelamatkan umat manusia dari kiamat dini yang bisa terjadi karena perang nuklir. 

Kisahnya berawal ketika dunia dalam krisis misil Kuba ketika perwira Arkhipov berada di kapal selam B-59 Soviet di Karibia dengan intruksi menuju Kuba.

Namun, dalam beberapa hari terakhir ketegangan meningkat dengan pesawat mta-mata AS ditembak di atas Kuba sementara lainnnya tersesat dan menyimpang ke udara Soviet.

Tanggal 27 Oktober 1962, kapal selam Soviet ditemukan pasukan AS, mereka mulai menjatuhkan serangan kepada B-59, yang dimaksudkan sebagai tembakan peringatan.

Mereka dipaksa naik ke permukaan, tetapi mereka tidak mengtahui bahwa B-59 memiliki torpedo nuklir taktis dengan kekuatan bom seperti yang dijatuhkan di Hirosima.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"