Manjur Nih... 9 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Manjur Nih... 9 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Siapa nih yang lagi dalam program penurunan berat badan? Tapi, kalian olahraga nggak sih sebenernya? Terus, berhasil nggak?

Meski udah usaha keras menurunkan berat badan, kayaknya, turun barang 1 kilogram aja susah banget ya! Jadi wajar sih kalo banyak orang selalu nyari cara yang praktis untuk bisa menurunkan berat badan.

Seandainya turun berat badan nggak perlu capek-capek olahraga.... Ada sih, ya, sedot lemak aja. Tapi mahal sih, dan prosedurnya ribet. Tapi tenang, kita punya kok cara-cara efektifnya.

Nih, simak cara turunin berat badan tanpa olahraga.

1. Kunyah makanan pelan-pelan

Kegiatan ini sebenernya gampang dan susah di waktu yang bersamaan. Waduh, gimana tuh? Gini, dalam satu sendokan makan ke dalam mulut, kebanyakan dari kita males buat ngitung udah ngunyah berapa kali. Padahal udah banyak yang bilang, setidaknya kita mengunyah makanan sebanyak 33 kali.

Kegiatan ini disebut mindful eating. Kenapa kita sering susah banget buat melakukan itu? Ya, karena pas makan, kita bisa aja lagi keingetan mantan lagi makan sama siapa, keingetan belom ngankat jemuran, atau kelupaan udah umur berapa.

Nah, mengunyah makanan pelan-pelan tuh justru dapat meningkatkan rasa kenyang. Udah gitu, makanan juga dapat dicerna dengan baik oelh enzim-enzim di mulut. Jumlah kalori yang masuk pun jadi lebih dikit.

Ngunyah saat makan diatur baik-baik, jangan cepet-cepet ya. (yogajournal.com)

2. Konsumsi banyak protein

Kalo mau kurus, segera perbanyak asupan protein deh. Soalnya, protein tuh meningkatkan perasaan kenyang, jadi ngebantu banget mengurangi asupan kalori. 

Penelitian membuktikan, berat badan sekitar 4 kilogram dalam 12 minggu bisa lenyap setelah kita meningkatkan asupan protein sebanyak 15-30 persen. Protein pun didapat dari telur buat sarapan, ada juga dada ayam, ikan, greek yoghurt, dan almond.

3. Bikin makanan nggak sehat jadi tak kasat mata

Jadi inget kisah "Hantu Tak Kasat Mata" ya. Sebenernya, kita cuma perlu ngejauhin makanan yang nggak sehat aja dari pandangan kita. Bukan ngemusuhin ya, tapi cuma biar nggak gampang tergiur sama kegiatan nyemil.

Seringnya, pas lagi ngerjain PR atau tugas kuliah nih, kita nyari cemilan tuh. Alesannya sih biar mulut tetep aktif aja. Padahal makanan-makanan nggak sehat yang mudah dijangkau justru bikin cepet naik berat badan.

Usahakan lebih cermat saat makan, biar nggak sia-sia program diet kamu. (rd.com)

4. Makan pake piring yang kecil

Desain piring makin hari udah makin banyak. Ada yang gede, kecil, bunder, kotak, macem-macem lah. Nah, biar cepet kurus dan program dietnya lancar, kalian cuma perlu mengganti piring dengan diameter yang lebih kecil.

Piring yang kecil tuh bikin makanan jadi keliatan lebih banyak. Porsi dalam piring kecil juga keliatan lebih menggunung. Eh, itu mah kalo kita ngambilnya nggak kira-kira sih. Ya, niatin deh... katanya mau kurus!

5. Makan makanan berserat

Mau nurunin berat badan tanpa olahraga? Bisa! Cepetan makan makanan yang mengandung banyak seratnya. Makanan berserat bikin kita lebih cepat merasa kenyang dalam waktu yang cukup panjang lho. Contohnya serta kental. Contoh makanan dengan serat yang kental adalah sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan, atau biji rami.

Banyakin makan makanan berserat, soalnya lebih cepet kenyangnya. (yogajournal.com)

6. Minum banyak air putih

Mau kurus tapi nggak perlu olahraga? Ya, minum air putih dulu sebelum makan. Ini bikin kita hanya makan sedikit kalori. Soalnya, dehidrasi tuh memicu rasa lapar. Otak kita akan kebingungan menangkap sinyal tubuh dan menerjemahkannya sebagai rasa lapar.

Minum air putih sekitar setengah liter air 30 menit sebelum makan. Itu ampuh banget mengurangi rasa lapar. Dalam sebuah penelitian, berat badan beberapa partisipan pun lebih cepat turun dalam 12 minggu dibanding yang tidak melakukannya.

7. Bikin porsi kecil untuk makan

Ini susah sih... tapi pas awal-awalnya doang kok. Dengan membiasakan diri untuk membuat porsi yang lebih sedikit dari biasanya, lama-lama juga terbiasa. Ya, kayak yang udah-udah... tau kan?

Logikanya gini, kalo kita terbiasa dengan porsi yang lebih sedikit saat makan, kita akan segara tau bahwa emang segitu porsinya. Tapi kalo biasa banyak, nanti pas lapar, kita akan makan dalam jumlah yang sama banyak atau lebih banyak lagi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"