Makna Angka 234 Rokok Dji Sam Soe, Sudah Tau Belum Artinya?

Makna Angka 234 Rokok Dji Sam Soe, Sudah Tau Belum Artinya?

Rokok Dji Sam Soe adalah rokok yang cukup legendaris dan terkenal di Indonesia. Rokok tersebut merupakan salah satu produk dari perusahaan PT Sampoerna. Dji Sam Soe juga memiliki ciri khas dengan angka 234 yang tertera dalam bungkus rokoknya. Memang selain Dji Sam Soe juga ada rokok Djarum yang memakai angka 76.

Ngomong-ngomong soal Dji Sam Soe, sudah tahu belum kenapa rokok tersebut memakai angka 234? Melansir dari situs komunitas kretek, dalam logo Dji Sam Soe terdiri dari 9 buah bintang berujung 9, lalu huruf Dji Sam Soe terdiri dari 9 huruf sama dengan tulisan Sampoerna. Angka 234 bila dijumlahkan akan berjumlah 9. Angka 9 adalah salah satu angka yang memiliki nilai yang baik dan mendatangkan keberuntungan.

Selain makna yang dikaitkan dengan angka 9, angka 234 Dji Sam Soe memiliki hubungan dengan jumlah pekerja yang memproduksi rokok tersebut yang berjumlah 234 atau dua ratus tiga puluh empat orang, tidak kurang dan tidak lebih.

Makna Angka 234 Rokok Dji Sam Soe, Sudah Tau Belum (Wikipedia)

Ada pula yang mengaitkan angka 234 Dji Sam Soe dengan agama Islam. Angka 234 menandai pada jumlah rakaat pada Salat 5 waktu yang terdiri dari Subuh 2 rakaat, Maghrib 3 rakaat, dan selebihnya 4 rakaat yakni Dzuhur, Ashar, dan Isya.

Kemudian masih ada juga yang mengaitkan angka 234 dengan Sang Pencipta. Maksudnya adalah kenapa memilih angka 234 bukan 123, karena angka 1 selalu dikaitkan sebagai Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Esa. Diduga simbol angka 234 adalah Dji Sam Soe dan angka 1 adalah Tuhan. 

Dalam sejarahnya, Dji Sam Soe adalah rokok kretek pertama di Indonesia. Merek ini diluncurkan pada 1913 di Surabaya, Jawa Timur pada tahun 2005. Pemilik perusahaan ini adalah PT HM Sampoerna, Tbk. Produk rokok ini unik karena dikemas yang direnggangkan, dua rokok panjang dan 10 rokok lebar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"