Macam-macam Ruqyah yang Halal dan Haram Dilakukan, Yuk Simak!

Macam-macam Ruqyah yang Halal dan Haram Dilakukan, Yuk Simak!

Semua umat Islam pasti udah tau dong sama istilah Ruqyah. Ruqyah adalah metode penyembuhan yang dilakuin dengan membacakan sesuatu pada pasien. Di Indonesia, praktek Ruqyah udah banyak dilakukan. 

Sementara itu, ada macam-macam Ruqyah yang selama ini dipraktikan. Yuk simak macam-macam Ruqyah berikut ini.

1. Ruqyah Syirkiyah

1. Ruqyah Syirkiyah macam-macam Ruqyah (eksposkaltim.com)

Ruqyah Syirkiyah merupakan ruqyah yang mengandung unsur-unsur kemusyrikan. Karena itu, macam ruqyah ini termasuk yang nggak dibolehin. Soalnya, mantra-mantra dan bacaan yang diucapin bukan dengan ayat-ayat Al-Quran.

Tapi, bacaannya diambil dari tradisi nenek moyang atau dukun. Makanya, jenis ruqyah ini haram dilakukan. Kalo kalian orang yang beriman dan taat menjalani agama, lebih baik nggak ngelakuin macam ruqyah ini.

Imam An-Nawawi Rahimahullah pernah berkata, “Bahkan, adalah hal yang terpuji meninggalkan ruqyah, yaitu ruqyah yang terbuat dari kata-kata orang kafir, majhul (tidak dikenal), bukan bahasa Arab, dan apa-apa yang tidak diketahui maknanya. Ini semua adalah tercela karena maknanya mengandung kekufuran, atau mendekatinya, atau makna yang dibenci.” (Syarh Shahih Muslim, 7/325. Mawqi Islam)

2. Ruqyah Sihriyyah

2. Ruqyah Sihriyyah Macam-macam Ruqyah (Tribunnews.com)

Jenis Ruqyah selanjutnya adalah Ruqyah Sihriyyah. Ruqyah ini dilakuin dengan baca mantra-mantra buat memanggil jin. Maksudnya, jin yang dipanggil itu nanti akan mengusir jin lain yang ada di tubuh seseorang. 

Biasanya, macam Ruqyah ini dilakukan untuk nyembuhin orang yang kesurupan atau kerasukan. Seperti macam ruqyah nomor 1, jenis ini haram dilakukan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"