Lukisan Bikinan AI Pertama di Dunia Terjual dengan Harga Fantastis!

Lukisan Bikinan AI Pertama di Dunia Terjual dengan Harga Fantastis!

Lukisan termahal di dunia saat ini berjudul "Salvator Mundi" yang dikerjakan oleh Leonardo da Vinci tahun 1500 silam. Harga lelangnya yang terakhir sekitar Rp6 triliunan lah. Fantastis kan? Ya jelas, yang ngelukis aja da Vinci kok.

Nah, belakangan, Balai Lelang Christie's baru melelang sebuah lukisan juga nih. Harganya pun tergolong mahal, tapi yang bikin manusia. Lah kok bisa? Ya bisa lah... yang bikin adalah kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

"Potrait of Edmond Belamy" (Twitter @ChinaDaily)

Lukisan itu diberi judul "Potrait of Edmond Belamy". Ini merupakan karya lukis yang emang biasa aja. Keliatannya juga menakutkan sih, soalnya wajah pria di lukisan itu gak begitu keliatan jelas. Tapi yang bikin harganya jadi selangit adalah pelukisnya, ya AI itu.

Pelukisnya bernama Obvious. AI ini membuat lukisan dengan meniru gaya seniman ternama macem Rembrandt. Obvious diajari gaya Rembrandt dan pelukis lainnya menggunakan metode generative adversarial network (GAN). 

Lukisan ini terjual dengan harga 432.500 dollar AS, setara dengan Rp6,6 miliar pada Kamis, 25 Oktober 2018 lalu. Fantastis!

Hasil kerja AI bernama Obvious (Twitter @zanneslaw)

Hugo Caselles-Dupre, salah satu pengembang Obvious menjelaskan bahwa ia dan timnya memberi sistem Obvious data berisi 15.000 lukisan manusia. Lukisan itu berasal dari abad ke-14 hingga abad ke-20. 

Algoritma GAN, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, melibatkan sebuah Generator yang membuat karya seni. Sementara untuk membedakan karya buatan manusia dan AI, GAN dilengkapi dengan Discriminator.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"