Liburan Sekaligus Menikmati Gerhana Matahari Cincin yang Hanya Muncul Di Beberapa Daerah

Liburan Sekaligus Menikmati Gerhana Matahari Cincin yang Hanya Muncul Di Beberapa Daerah

Gerhana matahari cincn akan terjadi di Indonesia pada 26 Desember 2019 mendatang. Tapi gerhana ini tidak bisa dilihat jelas di semua wilayah Indonesia.

Dutip dari Inet.detik.com, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan, pada dasarnya gerhana matahari cincin ini bisa dilihat seluruh wilayah Indonesia, tetapi hanya berbentuk cincin saja.

Sedangkan, daerah yang bisa melihat dengan jelas bagaimana Bulan menutupi Matahari secara tidak sempurna hingga memunculkan cincin ini itu terjadi di sebagian tempat. Seperti Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, dan Kepulauan Riau, serta sebagian Kalimantan Barat bagian utara, yakni Kabupaten Singkawang.

Gerhana matahari cincin (universetoday.com)

Gerhana matahari cincin bisa terlihat apabila kita berada di posisi umbra tapi orbit Bulan jauh dari Bumi, maka akan terjadi peristiwa alam tersebut. Hal ini disebabkan Bulan tidak cukup besar untuk menutupi seluruh cahaya dari Matahari karena determinasi lintasan yang menuju apogee (jarak terjauh dari Bumi).

Meskipun masih lama, kalau kamu ingin melihat langsung gerhana unik ini harus pergi ke beberapa tempat yang disebutkan di atas. Tangga 26 Desember bertepatan dengan hari natal dan tahun baru. Bisa sekalian liburan gengs.

Gerhana Matahari Cincin diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncak pada 12.17 WIB. Gerhana ini diprediksi akan berakhir pada pukul 12.19 WIB.

Fenome akhir tahun ini bisa jadi opsi liburan romantis (insider.com)

Fenomena seperti ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Daerah-daerah yang menjadi tempat penampakan gerhana bisa sekaligus membuat acara untuk menarik wisata.

Kesempatan ini, dikatakan LAPAN, bisa jadi ajang wisata astronomi sekaligus edukasi kepada masyarakat terkait fenomena alam, terutama bagi para pelajar, baik dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"