Lewat Jembatan Suramadu Sekarang Gratis Gengs, Asik Nih~

Lewat Jembatan Suramadu Sekarang Gratis Gengs, Asik Nih~

Jembatan Suramadu terhitung sebagai jembatan terpanjang saat ini di Indonesia. Jembatan ini menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Jembatan ini merentang dari Kota Surabaya ke Bangkalan, tepatnya di timur Kamal, Jawa Timur.

Jembatan ini pertama kali diremsikan pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 2003 lalu. Sementara pembukaannya dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009.

Peresmian penggratisan Jembatan Suramadu (regional.kompas.com)

Kemarin, Sabtu, 27 Oktober 2018, Presiden Joko Widodo resmi membebaskan tarif Jembatan Suramadu. Berarti lewat jembatan terpanjang di Indonesia resmi gratis gengs! Hore jangan? Hore dongs....

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa keputusan ini menjawab permintaan dari tokoh masyarakat, pemuka agama, dan Ikatan Keluarga Madura (IKAMA). Sebelumnya, sebagaimana dilansir dari Tempo.co, mereka meminta agar Suramadu bisa bebas tarif. 

Nah, di samping pembebasan tarif yang bikin hepi ini, kita simak juga yuk beberapa fakta tentang Jembatan Suramadu. Simak deh, biar kalian tau juga.

1. Jembatan terpanjang se-Indonesia

1. Jembatan terpanjang se-Indonesia Jembatan terpanjang di Indonesia (merahputih.com)

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura. Jembatan ini memiliki panjang 5.438 meter. Lebarnya 30 meter.

Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian, yakni jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Pembangunan jembatan ini diperkiran menelan dana hingga Rp4,5 triliun gengs!

Pada 20 Agustus 2003 lalu, Presiden Megawati Soekarnoputri meresmikan tahap awal pembangunan. Kemudian pada 10 Juni 2009, Suramadu rampung dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"