Letusan Gunung Paling Dahsyat di Indonesia Sepanjang Sejarah

Letusan Gunung Paling Dahsyat di Indonesia Sepanjang Sejarah

Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang sewaktu-waku bisa meletus. Letusan gunung  di Indonesia memang kerap terjadi semenjak ratusan rahun lalu. Dalam sejarah banyak terjadi peristiwa letusan yang cukup dahsyat. 

Letusan gunung menyebabkan banyak korban, mulai dari korban jiwa, warga yang harus mengungsi, hingga abu letusan yang terbang sangat jauh bahkan sampai ke negara lain yang sangat jauh. Berikut beberapa letusan gunung dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia.

1. Gunung Krakatau

Gunung yang berada di Selat Sunda pernah meletus pada 1883. Letusan Krakatau menjadi letusan gunung paling besar yang pernah terjadi di Indonesia. Letusan itu menyebabkan Tsunami di kawasan Banten dan Lampung setinggi 42 meter.

Korban tewas pada letusan ini mencapai 36 ribu jiwa. Suara dentuman gunung ini saat meletus terdengar sampai Australia dan Sri Lanka. Abu letusan gunung menutupi banyak wilayah di Indonesia dan sebagian Asia. Akibat letusan itu membuat munculnya Gunung Anak Krakatau.

Gunung Krakatau Saat Meletus (Detiknews)

2. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jawa Barat pernah meletus dahsyat pada 1882, setahun sebelum Krakatau meletus. Akibat letusan gunung ini membuat 4 ribu jiwa meninggal dunia dan ratusan desa di sekitar kaki gunung mengalami kehancuran.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"