Kupas Tuntas Fakta Suku Mante, Nenek Moyang yang Tinggal di Hutan Aceh

Kupas Tuntas Fakta Suku Mante, Nenek Moyang yang Tinggal di Hutan Aceh

Suku Mante atau juga disebut Suku Mantir, adalah salah satu etnik terawal yang disebut-sebut dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh. Suku ini, bersama suku-suku asli lainnya seperti Lanun, Sakai, Jakun, Senoi, dan Semang, merupakan etnik-etnik pembentuk suku Aceh yang ada sekarang

Keberadaan suku ini pernah menghebohkan warganet beberapa tahun lalu. Dengan ciri-ciri memiliki tubuh mungil, suku tersebut sudah ada di Indonesia sejak lama, dan bahkan suku ini pernah dikabarkan menghilang.

Berikut ini akan diuas tentang fakta menarik suku Mante yang berasal dari hutan pedalaman Aceh.

3 Fakta Suku Mante asal Aceh

Negara Indonesia memiliki banyak ragam suku dan budaya. Seperti yang kita ketahui, setiap suku memiliki ciri khas serta kebudayaan yang berbeda-beda. Tak terkecuali suku Mante ini.

Belum diketahui secara pasti, apakah mereka hanya mitos atau fakta? Untuk penjelasan lebih lengkap, mari simak artikel di bawah ini.

1. Nenek Moyang Orang Aceh

Suku Mante di Hutan Aceh (Line Today)

Kata Mante sebenarnya dibaca dengan kata Mantir, menurut sejarah, adanya suku Mante ini adalah cikal bakal terciptanya rakyat Aceh.

Konon katanya, suku Mante ini adalah nenek moyang Aceh yang sekelas dengan suku Lanun, Jakun, Sakai dan Semang yang ada di Aceh.

Keturunan tersebut, merupakan keturunan Melayu Proto. Suku Mante ini adalah sebutan untuk sekelompok orang Aceh yang hidup di hutan liar. Hingga saat ini, masih belum ada yang bisa memecahkan tentang kebenenaran dari suku Mante ini.

2. Ciri-Ciri Fisik



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"