Kota Sawahlunto didirikan oleh Belanda untuk Tambang, Pekerjanya Diperlakukan Nggak Manusiawi

Kota Sawahlunto didirikan oleh Belanda untuk Tambang, Pekerjanya Diperlakukan Nggak Manusiawi

Pernahkah kalian pergi ke Kota Sawahlunto? Ini merupakan kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. 

Kota ini berada 95 kilometer abis timur laut kota Padang. Di sekitarnya ada 3 kabupaten yaitu kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, serta Kabupaten Sijunjung. 

Kota Sawahlunto awalnya didirikan sama Belanda loh. Kok bisa ya daerah di Sumatera Barat ini lalu dibentuk sebagai kota Sawahlunto?

Kota Sawahlunto (wikipedia.org)

Awalnya ada penelitian dari Ir. C. De. Groot van Embden pada tahun 1858 yang dilanjutkan sama Ir. Willem Hendrik de Greve pada 1867. Lewat penelitian, diketahui kalo ada 200 juta ton batu bara di sekitar aliran Batang Ombilin. 

Akibat penelitian yang diumumkan ke Batavia pada 1870, pemerintah Hindia Belanda mulai rencanain pembangunan buat sarana eksploitasi batu bara.

Pada 1 Desember 1888 Kota Sawahlunto didirikan. Sampai sekarang 1 Desember dirayakan sebagai hari jadi kota Sawahlunto.

Peninggalan sejarah tambang batu bara Sawahlunto (bbc.com)

Di tahun 1891, pertambangan batu bara di Sawahlunto menjadi aset terpenting bagi pihak Hindia Belanda. Hal ini karena tingginya permintaan dunia akan batu bara. Batu bara menjadi sumber energi di Eropa Barat waktu itu. 

Cadangan deposit di Sawahlunto pada 1981 diperkirakan hingga 205 juta ton. Ini tersebar di berbagai daerah seperti Perambahan, Sikalang, dan Sungai Durian.

Kemudian, pada tahun 1920 - 1921, penambangan mencapai puncak kejayaan. Jumlah pekerjanya mencapai ribuan orang. Terdapat hampir 100 orang Belanda dan Indonesia yang jadi pemimpin perusahaan, ahli, hingga staf kunci.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"