Kitab Suci Taurat Menjelaskan Tentang Apa Sih? Simak Penjelasannya!

Kitab Suci Taurat Menjelaskan Tentang Apa Sih? Simak Penjelasannya!

Taukah kalian kalo Taurat merupakan bagian penting dari kanon atau kitab suci orang Yahudi. Ada beberapa bagian penting dalam kitab Taurat. 

Kelima bagian itu adalah Kitab Kejadian, Kitab Keluaran, Kitab Imamat, Kitab Bilangan, dan Kitab Ulangan. Kelima bagian itu dianggap penting banget buat umat Yahudi. Soalnya, dipercaya sebagai peraturan yang ditulis dan disusun sama Nabi Musa. 

Kitab Suci Taurat umat Yahudi (kompas.com)

Menurut kepercayaan Yahudi, kitab Taurat diwahyukan pada Nabi Musa di atas gunung Sina sekitar 1312 atau 1280 SM menurut perhitungan lainnya. 

Nah, Kitab Suci Taurat menjelaskan tentang apa aja sih? Simak penjelasan singkatnya berikut.

1. Kitab Kejadian

Bagian ini nyeritain awal mula segala sesuatunya. Hal ini meliputi asal usul alam semesta dan juga bangsa Israel. 

2. Kitab Keluaran

Kitab ini adalah buku kedua dari kumpulan 5 kitab Taurat. Kitab Keluaran pada Kitab Suci Taurat menjelaskan tentang beberapa hal. Misalnya, kayak laporan meningkatnya jumlah orang Yahudi di Mesir, panggilan Musa, pembebasan orang Yahudi dari perbudakan dengan 10 bencana yang ditimpakan pada rakyat Mesir. Kemudian, juga menjelaskan tentang keluarnya bangsa Yahudi dari Mesir dan pergi ke Gunung Sinai.

Selain itu, ada tentang perjanjian Tuhan dengan umat di Gunung Sinai, hukum-hukum moral, sipil dan keagamaan untuk pedoman hidup, instruksi pembuatan tempat beribadat (tabernakel) buat bangsa Israel, serta peraturan buat para imam dan cara beribadah.

Kitab Taurat menjelaskan tentang apa sih? (zamzamisaleh.blogspot.com)

3. Kitab Imamat

Kitab ini berisi tentang perintah-perintah Tuhan pada Musa di gunung SInai buat pada orang Israel. Dijelaskan juga kesucian Tuhan, cara manusia hidup dan beribadah,

4. Kitab Bilangan

Kitab Bilangan yang merupakan bagian Kitab Taurat ini menjelaskan tentang berbagai peristiwa yang didapatkan bangsa Yahudi selama 38 tahun berada di padang pasir untuk perjalanan dari Mesir ke Kanaan.

5. Kitab Ulangan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"