Kisah Penemuan Harta Karun Tak Sengaja, Gali Tanah Dapat Guci Berisi Perhiasan!

Kisah Penemuan Harta Karun Tak Sengaja, Gali Tanah Dapat Guci Berisi Perhiasan!

Di masa lampau, guci biasa digunakan sebagai wadah barang. Misalnya tempatmenyimpan emas dan benda berharga lainnya. Namun sekarang, tak banyak orang yang memakai guci untuk menyimpan sesuatu. Kebanyakan guci sekarang sih dipakai untuk koleksi.

Guci yang jadi tempat penyimpanan harta berharga itu banyak ditemukan di kasus-kasus penemuan harta karun. Misalnya seperti di Bogor dan Klaten. Guci yang ditemukan itu berasal dari periode peninggalan yang zaman dahulu.

# Harta Karun Guci yang Ditemukan Tak Sengaja

# Harta Karun Guci yang Ditemukan Tak Sengaja Penemuan guci berisi ribuan uang kuno (jeparahariini.com)

Salah satu penemuan harta karun guci sempat ramai beberapa tahun lalu di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten Jawa Tengah. Sebuah guci ditemukan tak sengaja oleh warga yang beraktivitas. Guci tersebut adalah peninggalan masa kerajaan hingga masa revolusi kemerdekaan.

Persisnya di tahun 1990, ditemukan puluhan kilogram perhiasan emas kuno oleh warga yang sedang beraktivitas. Sang penemu saat itu langsung memutuskan untuk melaporkan dan menyerahkan temuan empat guci berisi emas dan perak itu di balai desa.

"Setelah ditemukan kita laporkan ke balai desa. Kita ya takut nanti diusut pemerintah," ungkap salah seorang penemu, Surip (70).

Selain itu, di tahun 1999, tepatnya di Dusun Karanganyar, Kecamatan Jatinom, Klaten Jawa Tengah, ditemukan dua guci kuno oleh seorang bernama Harun Talla. Harun adalah seorang pembuat batu bata. Ia yang sedang menggali tanah untuk membuat bata tak sengaja menemukan dua guci besar dan kecil, meski tak ada isinya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"