Kisah Aksi Bakar Diri Seorang Biksu yang Justru Dihormati dan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Kisah Aksi Bakar Diri Seorang Biksu yang Justru Dihormati dan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Bakar diri bukanlah hal yang sepele. Ini adalah aksi yang luar biasa mengerikan. Apalagi bila dilakukan saat terjadi protes besar-besaran.

Tapi siapa sangka, aksi bakar diri yang satu ini disebut bunuh diri paling terkenal dalam sejarah. Kok bisa? Gimana ceritanya?

Ilustrasi biksu di Vietnam (unsplash.com)

Aksi bakar diri itu dilakukan oleh seorang biksu asal Saigon, nama kota itu kini menjadi Ho Chi Minh City, Vietnam. Sang biksu merupakan salah seorang pengunjuk rasa di Vietnam selatan. 

Saat itu, rezim Vietnam selatan menerapkan kebijakan anti-Buddha. Padahal ada 70-90 persen umat Buddha di Vietnam bagian selatan. Kebijakan ini jelas diprotes umat Buddha kala itu, termasuk biksu-biksu.

Nah, salah satu biksu yang memprotes penerapan anti-Buddha di Vietnam selatan saat itu adalah Thich Quang Duc. Tapi biksu ini gak sekadar protes gitu aja. Sang biksu malah mengambil langkah ekstrem dengan melakukan bakar diri.

Bukan tanpa tujuan, aksi bakar diri ini merupakan sebentuk komunikasi. Biksu ini mencoba menghentikan penindasan terhadap umat Buddha di Vietnam selatan kala itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"