Kiat Moeldoko Merawat Pancasila Buah Pemikiran Sukarno

Kiat Moeldoko Merawat Pancasila Buah Pemikiran Sukarno

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko beberapa waktu yang lalu sempat dikunjungi Forum Nasional Bhineka Tunggal Ika. Kedatangan mereka ke kantor KSP ini adalah untuk berdiskusi dengan Moeldoko terkait wacana merawat Pancasila.

Sekjen Fornas Bhineka, Taufan Hunneman mengaku senang bisa berbagi ilmu dengan Moeldoko ini. Menurutnya Moeldoko memiliki wawasan kebangsaan yang sangat dalam terkait memelihara Pancasila dan NKRI.

twitter.com

Salah satu perwujudan dari hal ini adalah keberhasilan pemerintah dalam menjaga kestabilan kondisi masyarakat saat gelaran pilkada provinsi, kabupaten, dan kota madya beberapa waktu yang lalu. Pasalnya momen politik seperti ini yang sering memecah belah persaudaraan bangsa.

twitter.com

Akan sangat susah menjaga ketertiban jika pemerintah tidak memiliki visi yang jelas dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Dan tentu saja Moeldoko sebagai bagian pemerintah memiliki peran khusus di sini.

Moeldoko menurut Taufan, juga memiliki cara unik dalam merawat Pancasila. Yaitu Moeldoko kerap melakukan pendekatan yang sifatnya persuasif, dialogis, dan komunikatif sehingga dapat merangkul banyak kalangan. Untuk itu Taufan merasa Moeldoko adalah amunisi yang baik untuk pemerintah saat ini dan mungkin akan masih berguna di masa yang akan datang.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"