Khofifah Indar Parawansa Minta Sekolah Matangkan Persiapan Teknis Jelang Belajar Tatap Muka 2021

Khofifah Indar Parawansa Minta Sekolah Matangkan Persiapan Teknis Jelang Belajar Tatap Muka 2021

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akhirnya mengizinkan sekolah untuk menggelar pembelajaran tatap muka. Sebelumnya, pembelajaan di sekolah dilakukan secara daring akibat pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim dalam konferensi pers secara daring, Jumat (20/11/2020).

Nadiem Makariem (Tribunnews.com)

Kebijakan sekolah menggelar pembelajaran tatap muka mulai berlaku pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau mulai Januari 2021 mendatang.

Nadiem pun meminta sekolah-sekolah segera mempersiapkan diri dari sekarang jika hendak melakukan pembelajaran tatap muka pada Januari 2021.

Lantas, apa saja yang harus disiapkan sekolah dan bagaimana aturan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai?

Seluruh komponen pendidikan harus berusaha mempersiapkan hal yang terbaik mengingat kasus Covid-19 masih saja bertambah. Tak lain dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta seluruh sekolah di Jawa Timur mematangkan persiapan teknis untuk menyambut belajar tatap muka bagi siswa sekolah mulai awal 2021 mendatang.

Persiapan teknis yang dimaksud menyangkut jaminan siswa terlayani dengan baik sehat dari Covid-19.

"Pastikan gedung sekolah dan kelas-kelas disemprot disinfektan. Kemudian kursi-kursinya ditata dengan konsep physical distancing," kata Khofifah, usai menghadiri peringatan Hari Guru yang digelar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRl) Jawa Timur, di Surabaya, Senin (23/11/2020).

Selain itu, juga bagaimana mengatur jam belajar yang belum sepenuhnya penuh, jam belajar tanpa istirahat, termasuk kantin yang belum boleh dibuka.

"Bukan berarti awal Januari itu semua siswa masuk, semua kelas full, semua jam pelajaran full. Tapi, tetap harus dilakukan penyesuaian pelan-pelan. Ada yang di kelas, ada yang dilakukan secara daring," terang dia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"