Keuangan Tetap Aman, Begini Cara Menghemat Uang Saat Ramadan

Keuangan Tetap Aman, Begini Cara Menghemat Uang Saat Ramadan

Sebagai orang yang bijak, kamu wajib tahu bagaimana cara menghemat uang saat Ramadan. Mengingat di bulan puasa, akan ada banyak kegiatan yang membutuhkan ekstra uang untuk dikeluarkan.

Kegiatan tersebut misalnya seperti buka puasa bersama, membeli takjil buka puasa, bingkisan untuk keluarga, atau membeli baju baru untuk lebaran. Nah, biar nggak boncos, berikut ini cara menghemat uang saat Ramadan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jangan Terlalu Sering Berbuka di Luar

Cara Menghemat Uang Saat Ramadan (via Suara)

Ramadan biasanya dijadikan ajang untuk buka bersama sekaligus reuni dengan teman-teman masa sekolah. Hal inilah yang terkadang membuat pengeluaran jadi membengkak. Ditambah lagi, ada keinginan untuk “self-reward” pasca berpuasa seharian sehingga ugal-ugalan memilih beragam makanan enak di luar.

Nah biar keuanganmu tetap aman, kamu bisa membuat prioritas, acara buka bersama mana yang harus kamu datangi. Tidak harus semuanya. Jika kamu terlalu memaksakan diri, dompetmu bisa tipis dari hari ke hari.

Selain itu, bagi yang hobi self-reward, cobalah untuk mengendalikan diri dan tidak membeli makanan berlebihan. Bagi anak kos atau yang terbiasa makan di warteg, cobalah untuk tetap konsisten dengan gaya hidup sehari-hari dan tak perlu berlebihan saat bulan puasa. Ingat bahwa kapasitas perut dan kantongmu “terbatas”.

2. Buat Takjil Sendiri



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"