KEREN! Siswa SMK PGRI 2 Bondowoso Bikin Inovasi Motor Berbahan Bakar Gas Elpiji 3 Kg

KEREN! Siswa SMK PGRI 2 Bondowoso Bikin Inovasi Motor Berbahan Bakar Gas Elpiji 3 Kg

Kenaikan harga BBM membuat pelajar SMK PGRI 2 Bondowoso Jawa Timur  membuat terobosan baru yang bisa menjadi solusi permasalahan meroketnya harga BBM. Tim inovator ini mengonversi sepeda motor yang sebelumnya berbahan bakar minyak (BBM) menjadi bahan bakar gas elpiji.

Hebatnya, tabung gas melon 3 kg ini bisa menjadi bahan bakar motor untuk perjalanan 400 hingga 500 kilometer. Dikutip Detikcom, salah satu anggota tim inovator Rahmat Wahyudi menyebutkan setelah dikonversi ke elpiji, dengan sentuhan teknis tertentu sepeda motor masih bisa memanfaatkan 2 bahan sekaligus secara bergantian, yaitu BBM dan elpiji.

Motor yang sudah dimodifikasi akan memiliki tombol khusus untuk pengatur sumber bahan bakar. Jadi pengguna bisa dengan mudah switch menggunakan bahan bakar minyak (BBM) atau gas elpiji.Ia juga menjelaskan kebutuhan untuk konversi bahan bakar sepeda motor itu sangat terjangkau. Pembelian sejumlah perangkat konversi bahan bakar hanya dibutuhkan biaya sekitar Rp300.000.

KEREN! Siswa SMK PGRI 2 Bondowoso Bikin Inovasi Motor Berbahan Bakar Gas Elpiji 3 Kg (Detikcom)

Tabung elpiji yang digunakan sebagai pengganti BBM akan diletakkan di bagian belakang jok motor dengan selang yang tersambung ke mesin motor. Seperti halnya memasak, jika tabung elpiji ini habis maka pengguna tinggal menggantinya dengan tabung elpiji yang masih baru. 

Dikabarkan inovasi ini tampaknya hasil kolaborasi dengan anggota DPRD Bondowoso, Bambang Suwito. Ia mengklaim ide modifikasi ini berangkat dari eksperimen yang pernah ia lakukan sebelumnya.

Kemudian, teknik tersebut ditransformasikan kepada pelajar SMK PGRI 2 Bondowoso jurusan otomotif khususnya. “Kebetulan di sekolah itu ada program studi otomotif. Sehingga mereka langsung menggarapnya dan menjadikan bahan praktikum,” ujar Bambang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"