Keren! Pemuda Bandung Ini Bikin Bisnis Kaos Sembari Kerja Kantoran, Omzetnya Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Keren! Pemuda Bandung Ini Bikin Bisnis Kaos Sembari Kerja Kantoran, Omzetnya Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Seorang pemuda di Bandung bernama Aldino Sastra Wijayah (25) membagikan kisah suksesnya berbisnis kaos. Padahal  ia berasal dari Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Dengan memberanikan diri merantau ke Bandung, Aldi mulai menghabiskan waktunya membangun bisnis kaosnya yang bernama Superior T-Shirt dengan modal awal Rp 3 juta. 

Bahkan, modal bisnis itu merupakan hasil pinjaman saudaranya. Tapi kini, ia berhasil meraih omzet hingga Rp 300 juta per bulannya.

"Di tahun 2022, kalau total omzetnya Januari sampai Desember itu Rp 1,3 miliar. Cuman di tahun 2023, alhamdulillah terus meningkat karena kita, kalau dulu banyak organik, aku baru belajar ini, belum berani ini, sekarang ada expertise. Ini ngaruh juga, sekarang rata-rata omzet per bulan Rp 200-300 jutaan," kata Aldi kepada detikcom, Minggu (31/7/2023) lalu.

Sosok Aldino Sastra Wijayah yang sukses membangun bisnis kaos di Bandung (via detik)

Sebelumnya, Aldi tak pernah menyangka jika bisnis yang dilakoninya bisa mencapai omzet sebesar itu. Semuanya berawal saat Aldi memberanikan diri untuk menyelesaikan studinya di sebuah kampus di Bogor, lalu berguru ke pamannya yang juga pelakon bisnis fashion di Bandung.

"Bener-bener aku tuh dateng ke Bandung bener-bener minus, nggak bawa apa-apa, cuma badan aja. Kebetulan juga, pemilik brand Damakara (tempatnya bekerja) alumni IPB juga, kemudian aku ikut kerja di situ," terangnya.

Sekitar 3 bulan lamanya, Aldi belajar bagaimana membangun sistem bisnis yang benar. Di situlah idenya muncul untuk menjual produk kaos.

"Cuma kan kalau berpikir kaos doang apa uniknya, apa yang jadi keunggulan dan pembeda. Jadi yang lumayan tumbuh itu kaos custom-nya. Aku bisa bikin kaos yang orang-orang mau tanpa minimal order. Orang biasanya harus minimal 2 lusin, aku satu aja bisa," jelas Aldi.

Berkat kegigihannya dalam menjalankan usaha, Aldi pun mendapatkan suntikkan modal dari pamannya sebesar Rp 3 juta. Ia pun memulai bisnisnya di tahun 2021. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"